INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Nur Faizah
D79219031
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
zahfaizah962@gmail.com
- I. PENDAHULUAN
Pendidikan anak usia dini salah satu pendidikan yang mendasar, strategis dan patut untuk sangat diperhatikan. Sehingga dalam mengajarannya juga memiliki cara khusus yang betbeda dari tingkat pendidikan lainnya. Bahkan di negara maju juga memperhatikan akan pentingnya pendidikan pada anak usia dini ini. Sehingga orangtua, pendidik maupun pemerintah juga memperhatikan pembelajaran anak usia ini. Dapat dikatakan pendidikan anak usia dini ini penting, dikarenakan proses ini awal anak memahami ilmu pengetahuan, sikap, interaksi sosial terhadap teman sebaya, serta psikologis anak. Dengan adanya pendidikan anak usia dini ini, dapat membantu orangtua untuk menstimulasi perkembangan anak.
Dalam pembelajaran anak usia dini berkonsep kepada bermain sambil belajar. Jadi, dapat dikatakan bermain akan tetapi terdapat juga beberapa aspek perkembangan yang terkandung dalam permainan tersebut. Sehingga dalam proses pembelajarannya juga berbeda dari sekolah tingkat SD, SMP dan SMA. Pendidikan anak usia dini ini memiliki pembelajaran khusus dimana membutuhkan skill kreatifitas dari guru untuk menstimulasi kecerdasan anak melalui sebuah permainan maupun media yang mudah dimengerti dan menarik untuk dimainkan. Dikarenakan karakter anak usia dini yang masih aktif-aktifnya dalam mengeksplor hal-hal yang baru, anak memiliki kecenderungan mudah bosan.
Untuk itu dalam proses penilaian atau evaluasi pada anak usia dini, juga memiliki hal yang berbeda juga. Dalam proses penilaian pendidik membutuhkan pengamatan yang bertahap dan tentunya juga melakukan pengamatan langsung dan mendetail. Evaluasi ini diperlukan guru dalam menentukan seberapa pesat perkembangan yang terjadi pada anak atau bahkan tidak berkembang sama sekali. Seringkali guru melakukan evaluasi pembelajaran hanya sebagai formalitas pada saat akhir semester dan hanya sebagai laporan perkembangan murid kepada wali murid.