Mohon tunggu...
Nur Elsa Ayu Aprilia
Nur Elsa Ayu Aprilia Mohon Tunggu... Lainnya - Belajar Nulis

it is what it is

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar

31 Maret 2020   12:49 Diperbarui: 5 Juni 2024   00:10 37666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar (unsplash/annie-spratt)

Manusia memiliki kekuatan internal dan eksternal. Faktor internal disebut juga dengan faktor psikologis sedangkan faktor eksternal disebut juga dengan faktor sosiologis. Muhibin Syah (2003: 144) menyebutkan terdapat faktor yang memepengaruhi belajar peserta didik,yaitu faktor internal dan eksternal.

1.Faktor internal yaitu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi belajar,yang berasal dari peserta didik. Faktor internal meliputi dua aspek yaitu fisiologi dan psikologis.

Fisiologi adalah faktor yang meliputi kondisi jasmaniah secara umum dan kondisi panca indera, sedangkan psikologis meliputi faktor kecerdasan,bakat,minat,aktivitas,emosi,motivasi,dan kemampuan kognitif .

Baca juga : Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memanajemen Belajar Anak pada Masa Pandemi

2.Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar peserta didik,yang mempengaruhi proses dan hasil belajar. Faktor-faktor ini meliputi lingkungan sosial dan lingkungan non sosial.

a). Lingkungan sosial yang dimaksud adalah manusia. Dalam lingkungan sosial yang mempengaruhi belajar peserta didik ini dapat dibedakan menjadi tiga yaitu keluarga,guru,teman dan masyarakat.

b). Lingkungan non sosial (fisik) disekolah mencakup kondisi dan materi fisik seperti rumah, sekolah, peralatan atau perlengkapan di sekolah dan alam.  

Berikut penjelasan secara detail mengenai dua faktor tersebut:

1.Faktor Internal

a.Aspek Fisiologis

Antaranya adalah jasmaniah(kesehatan). Sehat adalah kondisi dimana seseorang terhindar atau bebas dari segala macam penyakit. Kesehatan akan sangat mempengaruhi proses belajar seseorang, bila dalam kondisi sehaht tentunya orang tersebut akan mampu dan sanggup dalam mengikuti proses belajar dengan baik.

Baca juga : Tips Membangun Semangat Belajar

b.Aspek Psikologis

1)Hereditas
Hereditas merupakan faktor pertama yang dibawa anak sejak lahir sebagai warisan dari orang tua melalui gen dan kromosom, factor ini mempengaruhi belajar karena genetika sangat mempengaruhi segala aspek yang ada pada anak serta factor genetika menurunkan sifat-sifat biologis(pembawaan dari orang tua,dari dirinya sendiri, dan kondisi fisik dan mental individu).

2)Kecerdasan
Inteligensi menurut William Strem adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dalam mencapai tujuan dengan menggunakan alat-alat yang sesuai.

3)Minat dan bakat
Minat belajar siswa adalah rasa antusias siswa yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap suatu pengetahuan. Sedangkan bakat siswa adalah kemampuan potensial siswa untuk mencapai keberhasilan di masa depan.

4)Motivasi
Upaya secara keseluruhan psikis, psikologis, dan sosiologis untuk menjamin kelangsungan belajar serta memberikan pedoman pelaksanaan untuk mencapai tujuan belajar.

2.Faktor internal

a.Keluarga
Keluarga mempunyai peranan dan pengaruh yang sangat penting dalam membentuk belajar dari seorang anak,karena keluarga merupakan tempat pertama dimana seorang anak mulai belajar. 

Baca juga : Mendengarkan Musik Bisa Membantu Kita untuk Meningkatkan Semangat belajar

Beberapa pengaruh keluarga yang dapat mempengaruhi belajar diantaranya adalah,cara orang tua mendidik,relasi antar anggota keluarga,suasana ruamah,keadaan ekonomi keluarga,pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan atau kebiasaan dari keluarga.

b.Sekolah
Sekolah merupakan lembaga formal yang berfungsi untuk membantu peserta didik mendapatkan pendidikan sesuai dengan perkembangannya. 

Beberapa hal yang mempengaruhi belajar,diantaranya yatu: metode mengajar,kurikulum,hubungan guru dengan siswa,disiplin kuliah,alat pengajaran,waktu sekolah,keadaan bangnan/gedung,metode belajar, dan tugas rumah.

Sumber:

  Adi suprayitno, Menyusun PTK Era 4.0, (Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2020), hal. 180.

  Shinta susanti, “ Iklim Lingkungan Kelas Mempengaruhi Prestasi Akademik”, Jurnal Provitae. Vol. 3 NO. 1,Mei 2007, hal. 55.

  Enjang Idrus, Psikologi Belajar Aplikatif, (Bandung:  GUEPEDIA PUBLISHER, 2010), hal. 59-77.

  Andi setiawan, Belajar dan Pembelajaran,( Ponorogo: Uwais Inspirasi, 2017), hal. 10-14.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun