Manusia memiliki kekuatan internal dan eksternal. Faktor internal disebut juga dengan faktor psikologis sedangkan faktor eksternal disebut juga dengan faktor sosiologis. Muhibin Syah (2003: 144) menyebutkan terdapat faktor yang memepengaruhi belajar peserta didik,yaitu faktor internal dan eksternal.
1.Faktor internal yaitu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi belajar,yang berasal dari peserta didik. Faktor internal meliputi dua aspek yaitu fisiologi dan psikologis.
Fisiologi adalah faktor yang meliputi kondisi jasmaniah secara umum dan kondisi panca indera, sedangkan psikologis meliputi faktor kecerdasan,bakat,minat,aktivitas,emosi,motivasi,dan kemampuan kognitif .
Baca juga : Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memanajemen Belajar Anak pada Masa Pandemi
2.Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar peserta didik,yang mempengaruhi proses dan hasil belajar. Faktor-faktor ini meliputi lingkungan sosial dan lingkungan non sosial.
a). Lingkungan sosial yang dimaksud adalah manusia. Dalam lingkungan sosial yang mempengaruhi belajar peserta didik ini dapat dibedakan menjadi tiga yaitu keluarga,guru,teman dan masyarakat.
b). Lingkungan non sosial (fisik) disekolah mencakup kondisi dan materi fisik seperti rumah, sekolah, peralatan atau perlengkapan di sekolah dan alam. Â
Berikut penjelasan secara detail mengenai dua faktor tersebut:
a.Aspek Fisiologis
Antaranya adalah jasmaniah(kesehatan). Sehat adalah kondisi dimana seseorang terhindar atau bebas dari segala macam penyakit. Kesehatan akan sangat mempengaruhi proses belajar seseorang, bila dalam kondisi sehaht tentunya orang tersebut akan mampu dan sanggup dalam mengikuti proses belajar dengan baik.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!