Oleh: Nur Dina FitriÂ
Komunikasi visual adalah sebuah proses penyampaian sebuah pesan dengan menggunakan gambar atau yang dapat dilihat mata salah satunya berupa sebuah desai logo yang bisa dibilang merupakan sebuah identitas suatu produk. Â Logo merupakan sebuah gambar yang mencerminkan suatu identitas atau karakteristik dari sebuah brand produk, nama perusahaan atau sesuatu yang berhubungan dengan sebuah ciri khas dan karakteristik dalam bentuk gambar. Dalam komunikasi visual logo merupakan sebuah gambar atau bentuk yang memiliki sebuah makna dan tujuan dalam pembuatannya.Â
Tentunya untuk mengenali bahwa produk atau jasa tersebut kita harus dapat mengenal dan mengingat terlebih dahulu logo yang digunakan agar lebih mudah jika ingin kembali menggunakan sebuah jasa atau produk tersebut. Dengan adanya logo kita dapat lebih mudah memasarkan dan promosi sebuah usaha yang kita buat.
Sebuah usaha yang didirikan kurang lebih satu tahun lamanya dengan menggunakan logo Hockey Foods merupakan usaha jajanan buah-buahan yang dijadikan rujak yang dikemas dengan box yang dilengkapi dengan stiker Hockey Foods sebagai logo atau identitas produk makanan ini. Dengan adanya logo tersebut masyarakat dapat mengingat sebuah produk makanan yang diproduksi oleh Hockey Foods.Â
Dalam logo Hockey Foods tentunya memiliki sebuah arti, makna dan filosofi dalam logo Hockey Foods yang didesain dengan bentuk, gambar dan warna yang telah dipilih untuk melengkapi sebuah logo. Desain logo yang digunakan dengan pandangan mata yang digunakan dengan tema logo zaman tradisional atau logo zaman-zaman lampau. Arti makna warna, bentuk dan filosofi dalam logo Hockey Foods :
WarnaÂ
- Merah kemudahaan dalam logo tersebut memiliki arti sebuah energi dan memiliki sebuah makna bahwa produk ini akan memberikan semua kenikmatanya untuk pelanggan yang telah mempercayai produk makanan ini.
- Coklat muda pada tulisan dan warna boks yang berwarna coklat muda memiliki sebuah arti ramah dan tulus dengan makna akan memberikan pelayanan yang tulus untuk pelanggan dan karyawan lainnya dalam memproduksi produk makanan Hockey Foods.
- Biru tosca yang digunakan dalam logo sebagai latar logo memiliki arti yang menyegarkan dengan makna bahan yang digunakan merupakan bahan baru dan segar, bukan hanya itu saja namun pelanggan yang memakan buah dari Hockey Foods diharapkan akan bertambah segar setelah memakannya, dengan tujuan konsumen Hockey Foods puas dengan setelah membeli makanan di Hockey Foods.
- Abu – abu yang memiliki arti warna sebagai bentuk konsentrasi atau fokus dengan makna pelanggan akan tetap setia untuk terus menikmati produk makanan Hockey Foods.
BentukÂ
- Persegi panjang dalam logo memiliki sebuah peran yang digunakan sebagai bentuk sinar atau cahaya yang memberikan kesan dan citra usaha yang akan terus berkembang dengan cepat, yang diharapkan usaha ini terus berjalan dengan terang.
- Lingkaran besar yang didukung dengan warna merah muda memberikan makna usaha yang dibuat ini akan tersebar di seluruh Indonesia bahkan dunia dengan memberikan sebuah cita rasa yang khas dan nikmat bagi pelanggan setia Hockey Foods.
- Lingkaran keil dengan warna hitam yang terlihat pada logo yang mengelilingi sekelilingnya memberikan sebuah tekstur yang terlihat agak kasar - kasar dan agar terlihat kesan logo tradisonal seperti pada  zaman dulu.
- Persegi pada logo yang dijelaskan dengan bentuk boks dengan dukungan warna coklat muda memberikan kesan estetik dan elegan dalam kemasan yang digunakan dalam usaha ini, yang diharapkan akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk makanan Hockey Foods.
- Gambar wanita yang terdapat di tengah logo dengan memegang nampan memberikan filosofis bahwa usaha ini memberikan pelayanan yang sangat ramah dan nyaman.
Tipografi
Dalam logo Hockey Foods  ini menggunakan font Lucida Calligraphy  yang didesain dengan warna dan ketebalan pada tulisan Hockey Foods. Desain tulisan yang terdapat pada tulisan memiliki sebuah makna yang dipercaya pengusaha sebagai keberuntungan yang diharapkan dalam usaha selanjutnya memberikan banyak keberuntungan. Font yang digunakan dalam desain tulisan tersebut memberikan kesan makna natural, jujur dan elegan. Mencerminkan usaha yang dijalankan memiliki kejujuran dan elegan dalam bersaing di dunia bisnis.
Dengan adanya logo yang memberikan sebuah identitas dalam perusahaan, bisnis, usaha kecil, ketika memiliki sebuah logo maka dapat memudahkan bagi pelanggan – pelanggan kita untuk mengingat produk dan nama setiap kali kita ingin memproduksi yang kemudian dipasarkan. Seperti Hockey Foods dengan makna dan filosofi yang indah dan memiliki makna baik menjadikan sebuah doa bagi usahanya yang memenuhi akan logo mereka.  Dengan Hockey Foods yang memiliki makna keberuntungan dan terus diucapkan dan diingat bagi para pelanggan makan merupakan sebagian doa bagi usahanya. Dengan kata lain logo dapat memberikan dan menggambarkan sebuah citra dari sebuah usaha, bisnis dan perusahaan yang di bangun. Dengan dibantu desain – desain  oleh desainer yang mengerti dan paham mengenai arti bentuk dan makna yang akan digunakan pada logo maka akan muncul dengan logo yang baik dengan makna yang memiliki cerita.Â
Sumber Bacaan :
Damawi, Angga. (2017). Logo Sebagai Komunikasi Visual Dari Identitas Organisasi  Difabel Tuli. Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Magenta. Vol. 1, No.2