teknologi di dunia berkembang pesat dalam 3 tahun terakhir ini. Hal ini terjadi karena banyaknya aktivitas ataupun pekerjaan yang dilakukan secara online. Penggunaan dan perkembangan teknologi telah mengalami banyak kemajuan salah satu bidangnya adalah media sosial yang masuk dalam teknologi digital.
Pasca pandemi 2020 kemarin perkembanganMedia sosial adalah jenis teknologi digital khusus yang berfokus pada interaksi sosial dan berbagai konten. Di sisi lain media sosial mengacu pada platform online dari situs web yang memungkinkan pengguna bisa membuat dan juga berbagi konten serta berinteraksi dengan orang lain. Media sosial pun masih mengandalkan teknologi digital untuk menjalankan fungsinya, media sosial berfokus pada memfasilitasi interaksi sosial berbagi konten dan membangun komunitas ataupun relasi.
Media sosial jika dikaitkan dengan UMKM sudah pasti hal ini sangat diperlukan untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa yang berasal dari UMKM. Peran komunikasi terhadap media sosial pada UMKM ini tidak hanya untuk menciptakan penghasilan saja namun sebagai strategi pemasaran jangka panjang.
Media Sosial pada saat ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memanfaatkan peluang dalam pemasaran digital di media sosial. Dengan pemasaran digital para pelaku bisnis dapat belajar tentang pemasaran digital dan mempromosikan barang dan layanan mereka secara online serta dapat menarik lebih banyak pelanggan dan dapat meningkatkan profit penjualan mereka. Hal ini dikarenakan pemasaran digital lewat media sosial menawarkan kesempatan perkembangan UMKM yang lebih luas daripada penasaran dilakukan secara konvensional atau tradisional.
Salah satunya adalah dengan memanfaatkan platform platform media sosial dan e-commerce dalam memasarkan produk. Namun, sayangnya masih banyak pelaku UMKM di Indonesia yang belum memahami bagaimana cara untuk memanfaatkan media online untuk memasarkan usahanya. Beberapa para pelaku usaha UMKM masih melakukan pemasaran secara konvensional, seperti menjual barang secara langsung kepada pelanggan yang berada di wilayah geografis terbatas saja. Hal ini biasanya didominasi oleh pelaku usaha kalangan orang tua yang tidak paham teknologi dan keterampilan. Diharapkan dengan adanya pemasaran digital lewat platform platform media sosial ini dapat memberi manfaat bagi pelaku usaha UMKM baik dari kalangan remaja maupun lansia.
Lantas kenapa harus lewat media sosial? Karena cakupan dan jangkauan media sosial sangat luas dan tidak terbatas. Media sosial untuk pemasaran akan memberikan keuntungan bagi penjual. Semakin sering para pelaku bisnis memasarkan produk mereka melalui berbagai platform media sosial Maka produk mereka akan dikenal oleh banyak orang dan akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan mereka.
Oleh karena itu orang-orang lebih banyak menggunakan media sosial sebagai pusat informasi dan berbagai konten dibanding media yang lainnya. Memanfaatkan media sosial dapat memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka guna peningkatan jualan mereka. Maka dari itu, peran media sosial terhadap perkembangan UMKM terletak pada pemasaran produk dengan jangkauan yang luas dan tidak terbatas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H