Mohon tunggu...
Nurasni Djamal
Nurasni Djamal Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Aku tidak sebaik yang kau ucapkan, tapi aku juga tidak seburuk apa yang terlintas dihatimu. (Ali bin Abi Thalib R.A) well, better late than never :)

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Meraih Pencapaian Hidup Berawal dari Tantangan dan Kegagalan

4 Oktober 2023   19:45 Diperbarui: 5 Oktober 2023   00:27 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Kehidupan merupakan perjalanan yang penuh makna, di mana setiap individu memiliki tujuan yang berbeda untuk dicapai. Dalam ini, saya akan memulai menceritakan empat hal kegiatan bermakna yang sudah pernah saya lakukan untuk mencapai tujuan/keinginan dalam hidup saya. 

Selain itu, saya juga akan memilih dua kesulitan dari keempat kegiatan tersebut yang bisa saya ubah untuk menjadi seorang individu yang lebih baik. Kegiatan pertama yang bermakna dalam hidup saya yaitu, saya bisa menyelesaikan pendidikan S1  dengan tepat waktu. 

Hal ini saya rasa sesuatu yang sangat bermakna dalam hidup saya karena untuk menyelesaikan S1 membutuhkan proses dan perjuangan yang sangat menguras tenaga pikiran dan waktu, yang membuat saya harus berjuang keras untuk dapat menyelsesaikan S1 saya.

Sementara setelah berjuang penuh drama, tepat 4 tahun saya berhasil menyelesaikan S1. Hal ini membuat saya berhasil terima pencapaian tujuan dan kenginan dalam hidup.

Kegiatan kedua yang bermakna dalam hidup saya yaitu, saya bisa melanjutkan pendidikan setelah menyelesaikan S1 dan bisa melanjutkan S2. Saya melanjutkan pendidikan di kota yang jauh dari orang tua  agar bisa menjadi mandiri, dan saya berhasil keterima di salah satu universitas yang berada di Yogyakarta. 

Hal ini membuat saya merasa beruntung karena pencapaian tersebut, dimana ini mengajarkan saya banyak hal. Saya mulai belajar mandiri, belajar bersyukur karena apa yang saya capai apa yang saya keluhkan saat ini sangat di inginkan oleh lain akan tetapi saya bisa bertahan sampai sejauh ini. 

Kegiatan bermakna dalam hidup saya, yang pernah saya lakukan adalah saya pernah melakukan kegiatan pembinaan desa yang di mana disitu banyak belajar dan belajar berbaur dengan masyarakat kemudian bisa berbaur dengan mereka. 

Sementara dari hal tersebut saya belajar bagaimana berbaur dan lain sebagainya. Kegiatan bermakna salanjutnya, saya pernah mengikuti salah satu tes masuk SMA favorit yang ada di Maluku Utara disitu saya banyak bekerja keras, belajar dan lain sebagainya. 

Walaupun saya gagal tapi ini membuat saya belajar bahwa dari kegagalan itu saya bersyukur, bisa mengantarkan saya sampai berada di titik sekarang  karena kegagalan tersebut ke tahap meskipun belum sepenuhnya sukses.

Dalam beberapa cerita kegiatan bermakna saya, ada dua hal yang sulit dan memiliki tantangan bagi saya ketika melanjutkan S2 dan menyelesaikan S1, ada dua kesulitan yang bisa saya ubah untuk menjadi individu yang lebih baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun