Ketika mendatangi suatu tempat contohnya tempat makan, kita tentunya menginginkan sesuatu yang sesuai dengan ekspektasi kita. Apabila ekspektasi kita terpenuhi, inilah yang menyebabkan kita bisa repeat buying atau pembelian ulang.Â
Bisnis akan benar benar berjalan jika konsumen yang pernah datang, datang kembali dan membeli lagi. Konsumen merekomendasikan brand kita ke konsumen yang lain. Hal tersebut merupakan marketing paling efektif.Â
Sebenarnya apa alasan yang membuat konsumen ingin kembali lagi? Berikut beberapa faktor yang membuat konsumen kembali datang ke tempat makan tersebut :
1. Rasa makanan / minuman yang enakÂ
Rasa hidangan yang lezat dan bisa memanjakan lidah konsumen harus nomor satu . Faktor rasa menjadi faktor utama penentu kepuasan konsumen. Jika konsumen puas dengan produk kita maka persentase mereka untuk kembali lagi semakin terbuka lebar dan meningkat.Â
2. Suasana yang nyamanÂ
Adanya suasana nyaman saat di tempat makan akan membuat konsumen untuk datang lagi. Suasana nyaman juga didukung dengan mendesain lingkungan seperti visual, pencahayaan, aroma dan bersih. Suasana nyaman akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Suasana tempat makan harus bisa membuat nyaman konsumen saat menyantap hidangan.Â
3. Pelayanan baikÂ
Dengan memberikan pelayanan yang baik akan menjadi pertimbangan konsumen untuk datang lagi. Pelayanan yang ramah dan sopan saat menyajikan hidangan adalah kunci pelayanan yang baik.Â
4. Kebersihan terjaga