Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Money

Penerapan Marketing Mix Pada Produk Sayuran Organik

12 Februari 2022   12:11 Diperbarui: 12 Februari 2022   12:13 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : dreamstime.com

Persaingan di dunia usaha memang sangat ketat. Kompetitor akan terus bertambah dan bersaing untuk memenangkan pasar. Untuk itu diperlukan sebuah strategi agar bisnis tetap berjalan sesuai dengan tujuan.

Tak terkecuali di dunia usaha sayur organik yang saat ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Trend akan pola hidup sehat menjadikan produk sayur organik kini diminati konsumen. Disamping peluang pasar yang masih terbuka lebar, persaingan dalam bisnis sayur organik ini pun sangatlah kompetitif.

Strategi untuk memenangkan pasar sangat dibutuhkan dan harus dipahami oleh setiap pengusaha. Marketing mix dapat diterapkan dalam usaha untuk memasarkan produk baik barang maupun jasa. Dalam marketing mix ini dikenal dengan adanya 4P (product, price, place, promotion).

Berikut penjelasan strategi marketing mix dalam usaha sayur organik :

1. Product (produk) 

Produk yang dimaksud adalah sayur organik yang dijual. Kunci keberhasilan pemasaran produk yaitu produk yang ditawarkan harus memiliki nilai lebih dibandingkan produk yang lain. Hal ini agar produk sayur organik yang kita tawarkan dipilih dan dibeli oleh konsumen. Nilai lebih dari produk dapat dilihat dari kualitas produk sayur organik. Selalu memastikan sayur organik yang kita jual dalam keadaan segar dan melakukan penanganan pasca panen yang tepat dapat kita usahakan supaya kualitas produk sayur organik tetap oke.

2. Price (harga)

Harga menjadi hal yang penting dan perlu perhitungan yang matang. Konsumen sering kali menjadikan harga sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan untuk membeli suatu produk. Harga yang ditentukan untuk sayur organik harus dapat diterima oleh konsumen artinya harga sayur organik terjangkau bagi masyarakat. Alangkah baiknya jika pengusaha dapat mengikuti alur dinamika pasar dalam menentukan harga. Dan tetap pastikan bahwa usaha sayur organik masih mendapat keuntungan. 

3. Place (tempat)

Tempat yang dimaksud yaitu lokasi untuk menjual produk sayur organik. Lokasi yang dipilih dalam usaha harus strategis, mudah dijangkau oleh konsumen. Contohnya yaitu dekat jalan raya, dipinggir jalan. Konsep ini penting apalagi untuk usaha konvensional. Akan tetapi konsep tempat juga dapat fleksibel jika dijual secara online. Jadi disesuaikan saja dengan media yang digunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun