Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Pemasaran Produk Sayuran Organik Melalui 4P

25 November 2021   13:45 Diperbarui: 25 November 2021   14:02 4452
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://pixabay.com/id/photos/kebutuhan-sehari-hari-toko-sayuran-214293/

Sayuran mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Hal ini membuka peluang bisnis sayuran untuk terus berkembang dan terjadi persaingan yang ketat. Untuk itu diperlukan adanya strategi pemasaran untuk mendapatkan pasar dalam usaha sayuran ini (Ramadhani et al., 2021).  Strategi merupakan suatu rencana yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan. 

Pemasaran produk pertanian di Indonesia berlangsung secara pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya produk pertanian seperti sayuran yang dijual di supermarket maupun di outlet secara online. Persaingan yang semakin ketat mengharuskan seorang pelaku usaha untuk bisa lebih mengenalkan produknya kepada masyarakat dengan memperhatikan 4P (Wangge dan Roni, 2021). 

Strategi pemasaran mencakup 4 komponen yaitu product, price, place, promotion. Strategi pemasaran ini biasa disebut dengan 4P. Menurut Wangge dan Roni (2021) berikut penjelasan strategi pemasaran 4P ini:

1. Strategi Produk (Product). Kualitas produk sayuran menjadi hal penting dalam suatu pemasaran. Kualitas produk sayuran ini dapat dilihat dari penampilan sayuran yang segar dan memiliki daya simpan yang baik. 

2. Strategi Harga (Price). Penetapan harga jual sayuran harus dipertimbangkan dengan teliti. Penetapan harga yang salah akan mempengaruhi keuntungan usaha sayuran ini. Dalam hal penetapan harga ini sebaiknya diketahui target market sasaran dalam produk sayuran. 

3. Strategi Tempat (Place). Hal ini berkaitan dengan tempat pemasaran terhadap produk yang kita jual. Sebagai contoh yaitu sayuran yang memiliki grade biasa dapat dipasarkan di pasar tradisional sedangkan sayuran yang memiliki grade premium dapat dipasarkan ke pasar modern. Selain itu pelaku usaha sayuran juga dapat bermitra dengan menjadi supplier hotel maupun restoran untuk memudahkan pendistribusian produk sayuran ini.

4. Strategi Promosi (Promotion). Promosi berkaitan dengan bagaimana cara pelaku usaha sayuran memenangkan hati konsumen. Promosi menjadi hal yang penting untuk memperkenalkan produk sayuran ini. Cara promosi dapat dilakukan secara online yang mana masyarakat Indonesia sekarang lebih senang beralih ke digital. Promosi melalui sosial media seperti instagram, website, twitter dapat menjadi pertimbangan kita. 

Strategi pemasaran 4P tersebut dapat menjadi acuan dalam melakukan pemasaran produk sayuran. Strategi pemasaran diharapkan dapat memenuhi tujuan suatu usaha sehingga akan dihasilkan keuntungan. 

Referensi :

Ramadhani, A., Susilowati, D., dan Hindarti, S. 2021. Analisis strategi pemasaran sayuran organik studi kasus di Abang Sayur Organik Kota Malang. J. Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 9 (2) : 1-10. 

Wangge, R. K., dan Noni, S. 2021. Strategi bauran pemasaran sayuran dalam meningkatkan minat beli konsumen. J. Agribisnis. 10 (1) : 53-59. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun