Perlu kita ketahui bahwa kini dinamika bisnis di seluruh dunia telah mengalami era digitalisasi dimana kegiatan bisnis tidak hanya dijalankan secara langsung, namun juga melalui kegiatan online dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang.
Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran penting diantaranya yaitu mampu menyerap tenaga kerja sehingga dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, adanya UMKM juga memiliki peran penting dalam membentuk dan menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB).
Salah satu UMKM yang telah “Go Digital” yaitu Cafe 1912 yang terletak di wilayah kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), tepatnya Jl. Wawasan, UMY, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Cafe 1912 ini diresmikan pada tanggal 30 Desember 2019 oleh Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, IPM. Cafe 1912 didesain dengan 3 lantai, dengan fungsi yang berbeda-beda dan di desain dengan suasana yang nyaman dan tenang. Selain itu, Cafe 1912 juga menyediakan ruang rapat, co-working space, ruang untuk menerima tamu. Cafe ini juga dilengkapi dengan jaringan internet yang kuat, sehingga mendukung kegiatan pembelajaran mandiri ataupun bekerja dari cafe.
Cafe 1912 ini mengadopsi dan memanfaatkan teknologi digital guna menunjang keberhasilan usahanya. Adapun pemanfaatan teknologi digital di Cafe 1912 diantaranya yaitu mempunyai akun media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, dan WhatsApp) serta melakukan penjualan di platoform online (Grab Food, Go Food, dan Shopee Food). Selain itu, dalam melakukan transaksi penjualan di Cafe 1912 juga telah memanfaatkan teknologi digital.
Berikut ini merupakan alasan mengapa UMKM perlu go digital, diantaranya yaitu :
Pertama, meningkatkan jangkauan pasar. Melalui teknologi digital, UMKM mampu memperluas jangkauan pasarnya. Dalam hal ini, wilayah geografis penjualan dapat diperluas, sehingga penjualan produk tidak terbatas pada lokasi penjualan saja. Selain itu, pemanfaatan go digital juga mampu menjangkau generasi millennial maupun generasi Z karena mereka cenderung lebih terbuka terhadap teknologi digital dan selalu memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian, melalui go digital UMKM dapat menggapai pasar yang lebih luas sehingga akan meningkatkan penjualan mereka dan pertumbuhan bisnis menjadi semakin baik.
Kedua, dapat meningkatkan visibilitas online. Dengan go digital, UMKM dapat memiliki kesempatan untuk meningkatkan visibilitas online. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan cara pembuatan akun di berbagai sosial media, pembuatan situs website, melakukan penjualan melalui platform e-commerce, dan lain sebagainya.
Alasan selanjutnya yaitu bisnis menjadi lebih efisien. Pemanfaatan teknologi dalam berbagai kegiatan operasional UMKM juga membuat bisnis tersebut menjadi lebih efisien. Dengan teknologi, UMKM dapat melakukan automatisasi dalam bisnis mereka seperti dalam pengelolaan keuangan, penjualan, promosi, dan lain-lain. Automatisasi berbasis teknologi ini dapat menghemat waktu, meminimalisir tingkat kesalahan, serta dapat menghemat biaya operasional yang dikeluarkan.