Mohon tunggu...
Ferdiansyah Mallaringan
Ferdiansyah Mallaringan Mohon Tunggu... -

I'm a Dreamer

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Gua Sumur Jodoh Mattampa

30 Januari 2012   08:42 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:17 609
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_159168" align="aligncenter" width="300" caption="Sumur Jodoh di Mattampa, Pangkep-SulSel (Sumber: Dokumen Pribadi)"][/caption]

Keindahan alam Nusantara terbentang dari Sabang hingga Merauke. Demikian banyak pemandangan alam yang disajikan oleh Negara kita tercinta ini. Hijaunya tanaman padi bagaikan karpet luas yang membentang sejauh mata memandang. Ombak yang saling kejar-kejaran membuat hati demikian terpana dibuatnya. Dinginnya puncak gunung tetap tidak mampu menyurutkan nyali para pendaki untuk menikmati "Foto Lukisan Alam"yang demikian menawan hati.

Saat ini mungkin kita telah mengenal demikian banyak tempat-tempat wisata alam yang indah misalnya yang paling terkenal adalah Pulau Bali dan Pulau Lombok dengan keindahan pantainya, Taman Nasional Bunaken dengan terumbu karangnya, Kawasan Puncak-Bogor dengan hamparan kebun tehnya, dan banyak tempat lainnya di Indonesia. Selain para wisatawan tersebut datang ke obyek wisata untuk menikmati keindahan alam tidak sedikit yang berkunjung disebabkan oleh mitos atau kepercayaan-kepercayaan terkait dengan obyek wisata.

Salah satunya adalah Sumur Jodoh yang terletak di Desa Mattampa, Kec. Bungoro, Kab. Pangkep Sulawesi Selatan. Meskipun belum termasuk sebagai Obyek Wisata, akan tetapi keindahan Gua serta keunikan sumur yang terdapat di dalamnya menjadikan Gua Sumur Jodoh ini telah banyak dikunjungi. Banyaknya orang yang mengunjungi Gua yang didalamnya terdapat cerukan yang menampung air tetesan (sumur jodoh) dari dinding-dinding gua terkait dengan kepercayaan bahwa air dari sumur tersebut dipercaya mampu mendatangkan / mempercepat jodoh yang tidak kunjung tiba. Mitos ini pun beredar di masyarakat setempat dan pada umumnya mereka yang memberitahukan kepada sanak saudara atau koleganya.

1327912903739145927
1327912903739145927

[caption id="attachment_159177" align="aligncenter" width="300" caption="Stalaktit dan Stalakmit Gua Sumur Jodoh (Sumber: Dokumen Pribadi)"]

1327911343648128978
1327911343648128978
[/caption]

Akan tetapi yang sangat menarik perhatian saya adalah stalaktit yang berbentuk (maaf) menyerupai payudara wanita. Pada kondisi yang cukup gelap, adik saya yang memegang kamera mulai mengambil gambar dari berbagai sudut gua yang agak dalam. Betapa terkejutnya kami ketika setelah selesai memotret pada salah satu dinding gua terdapat stalaktit yang menyerupai (maaf) payudara wanita. Selama ini, belum pernah terdengar kabar adanya batu yang berbentuk seperti tersebut di atas dari masyarakat sekitar (Gambar tidak saya tampilkan, takut tulisan saya dihapus sama Admin)

Sebenarnya, masih banyak lagi gua-gua yang cukup indah di sekitar gua sumur jodoh. Akan tetapi belum diketahui oleh masyarakat banyak. Padahal dengan adanya keindahan alam dan gua-gua di kawasan Desa Mattampa merupakan aset yang luar biasa untuk dijadikan kawasan wisata. Semoga saja hal tersebut dapat terwujud lebih cepat. Sebab, wilayah Mattampa telah menjadi kawasan wisata tetapi lebih dikenal dengan wisata kolam renangnya (Water Boom). Padahal sejak lama, kawasan Mattampa telah dikenal dengan kolam alam dan wisata guanya. Saat ini kolam alam dan wisata guanya seakan luntur dan tidak dipromosikan lagi. Padahal terdapat keindahan yang luar biasa pada tiap-tiap gua.

[caption id="attachment_159183" align="aligncenter" width="300" caption="Pemandangan di Depan Gua Sumur Jodoh (Sumber: Dokumen Pribadi)"]

1327912621656499478
1327912621656499478
[/caption]

Makassar, 30 Januari 2012

Ferdiansyah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun