Mohon tunggu...
KKN 100 BATU BARA (UIN SU)
KKN 100 BATU BARA (UIN SU) Mohon Tunggu... Mahasiswa - Desa Mekar Laras, Kec. Nibung Hangus, Kab. Batu Bara

UIN Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

College Student Mart: Implementasi Platform Digital Kewirausahaan dalam Rangka Mewujudkan Sustainable Economy di Kalangan Mahasiswa

20 Februari 2024   20:56 Diperbarui: 20 Februari 2024   21:00 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembangunan ekonomi berkelanjutan merupakan salah satu fokus utama pemerintah di dunia begitu juga di Indonesia. Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. 

Ekonomi berkelanjutan merupakan model pertumbuhan yang mengintegrasikan pertumbuhan ekonomi dengan kelestarian lingkungan hidup dan keadilan sosial. Ekonomi Indonesia tahun 2022 tumbuh sebesar 5,31 persen, lebih tinggi dibanding capaian tahun 2021 yang mengalami pertumbuhan sebesar 3,70 persen. Indonesia memiliki cita-cita sebagai negara berpenghasilan tinggi dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, namun juga inklusif dan berkelanjutan sehingga memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakat Indonesia. 

Pertumbuhan bisnis digital yang semakin pesat, secara tidak langsung tentu membuka kesempatan dalam bidang kewirausahaan bagi UMKM untuk lebih produktif bertransaksi jual beli dengan memanfaatkan teknologi digital. Bukan hanya UMKM, generasi muda intelektual dalam hal ini adalah mahasiswa dituntut mampu menjadikan perkembangan dunia digital sebagai peluang untuk membantu mewujudkan ekonomi berkelanjutan di Indonesia, tidak hanya menjadi pengguna atau konsumen, namun juga sebagai penjual dan pada pengoperasian platform digital. 

Munculnya kewirausahaan teknologi digital tentu memiliki peluang dan tantangan dimana menuntut pelaku kewirausahaan untuk menciptakan inovasi baru dalam rangka mengembangkan produk yang dimiliki agar memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri. Mahasiswa seharusnya cenderung berfikir kritis sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas roda perekonomian dan menciptakan distribusi sosial melalui kewirausahaan berbasis teknologi digital.

Dalam konteks ini, College Student Mart hadir sebagai solusi inovatif untuk mendorong kewirausahaan berbasis teknologi digital di kalangan mahasiswa, dengan tujuan akhir mewujudkan sustainable economy di Indonesia. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam menggerakkan roda ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan berdaya saing tinggi. Mahasiswa memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Mereka merupakan kelompok yang kreatif, inovatif, dan berpikiran terbuka terhadap perubahan. College Student Mart memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan dan menjual produk atau jasa yang ramah lingkungan serta memberikan dampak sosial positif. 

Dalam rangka menciptakan ekonomi berkelanjutan, penting untuk memperhatikan tiga pilar utama: pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, perlindungan lingkungan, dan keadilan sosial. College Student Mart berperan dalam mewujudkan pilar-pilar tersebut melalui beberapa cara. Pertama, platform ini memberikan aksesibilitas yang lebih luas bagi mahasiswa untuk memasarkan produk mereka kepada pasar yang lebih besar. 

Dalam lingkungan digital, mereka dapat mencapai konsumen dari berbagai wilayah tanpa batasan geografis. Hal ini tidak hanya memberikan peluang bisnis yang lebih besar, tetapi juga mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh transportasi fisik. Kedua, College Student Mart mendorong penggunaan bahan baku dan proses produksi yang ramah lingkungan. Mahasiswa didorong untuk menciptakan produk yang mengutamakan penggunaan energi terbarukan, bahan baku daur ulang, dan pengurangan limbah. 

Selain itu, platform ini juga memberikan informasi dan sumber daya yang diperlukan bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnis mereka. Ketiga, melalui College Student Mart, mahasiswa dapat berkolaborasi dan saling belajar satu sama lain. Platform ini menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya. Dalam kolaborasi ini, mereka dapat menggabungkan keahlian dan ide-ide inovatif untuk menciptakan solusi yang lebih baik dalam mendukung sustainable economy. Dalam hal keadilan sosial, College Student Mart menyediakan kesempatan yang sama bagi mahasiswa dari berbagai latar belakang untuk menjalankan usaha mereka. Platform ini mengurangi hambatan ekonomi yang sering dihadapi mahasiswa dalam memulai bisnis dengan biaya yang rendah dan penggunaan teknologi yang mudah dipahami. 

Dalam kesimpulannya, College Student Mart merupakan langkah maju dalam mewujudkan sustainable economy di kalangan mahasiswa. Dengan memanfaatkan platform digital, mahasiswa memiliki peluang untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan, menciptakan produk ramah lingkungan, dan berkontribusi pada pembangunan sosial. Dengan partisipasi aktif mahasiswa dalam kewirausahaan berbasis teknologi digital, diharapkan Indonesia dapat menghadapi tantangan dan peluang ekonomi di era digital dengan cara yang berkelanjutan dan inklusif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun