Mohon tunggu...
Nur Aisya
Nur Aisya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hay nama nur Aisyah saya sangat suka dengan dunia bisnis selain itu saya juga suka berjualan dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Marketing Mix

20 Januari 2024   14:58 Diperbarui: 20 Januari 2024   15:00 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari sekumpulan variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran yang ditargetkan di masa depan. Penelitian yang dilakukan oleh Ahmad Mas Ahli dkk menyatakan bahwa terdapat bauran pemasaran dari variabel kontrol yang memungkinkan perusahaan untuk: Keempat elemen yang terlibat dicampur atau digabungkan. Mempengaruhi respon konsumen pada segmen pasar tertentu yang dibidik perusahaan. Empat elemen yang disebutkan di awal adalah yang pertama: produk, harga, lokasi, dan periklanan. 

(Ahmad Mas Ali, Muhammad Ehsan Hamdi, Mira Dinda Safira, 2019).Namun seiring perkembangan yang disesuaikan dengan industri jasa, unsur-unsur bauran pemasaran  bertambah menjadi tujuh: produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan  terakhir bukti fisik, sebagaimana tertuang dalam penelitian ( Indah Nur Anisa dan Renni ). 

Oktavia 2021). Kajian ini sejalan dengan karya Muhammad Shahrul Hidayat Potutu. Karena perilaku konsumen bersifat dinamis atau berubah-ubah dari waktu ke waktu, maka tujuh elemen bauran pemasaran sering kali berperan dalam mengoptimalkan strategi pemasaran, dibandingkan hanya mengandalkan empat elemen bauran pemasaran tersebut. Pemasaran telah disebutkan dalam penelitian di atas. 

(Muhammad Shahrul Hidayat Potutu 2022). Penggunaan bauran pemasaran atau tujuh unsur bauran pemasaran juga masuk dalam penelitian yang dilakukan  Maria Nurhayati. Singkatnya, Anda memerlukan strategi yang andal untuk menciptakan nilai bagi pelanggan Anda dan membangun hubungan pelanggan yang kuat dan menguntungkan.Ketujuh faktor yang disebutkan antara lain produk; ), harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia (SDM), proses, dan bukti fisik (lingkungan fisik). (Marita Nurhayati, 2022).

Namun berbeda dengan apa yang dipaparkan dalam majalah ini, dimana strategi pemasaran dan bauran pemasaran syariah  dinilai sangat efektif dalam mencapai tujuan bisnis yaitu meningkatkan penjualan produk. Strategi bauran pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini meliputi strategi produk, strategi pengemasan, strategi periklanan, strategi penetapan harga, strategi sumber daya manusia, strategi penempatan, strategi bukti fisik, strategi pembayaran, dan yang terakhir  dalam penelitian ini digunakan sembilan elemen strategi proses Pendekatan bauran pemasaran yang memperhatikan nilai-nilai syariah: Fatana, Siddique, Tabligh, dan Amanah.Keberhasilan pasar mempunyai dua faktor yang paling dominan  yaitu faktor produk dan faktor harga (Mega Tunjung Hapsari, 2022).

Namun, kasusnya berbeda. Menurut penelitian  Musa Tulis dan Rahma Widyana, mereka ingin menarik pelanggan dengan pemasaran yang disesuaikan dengan kelompok sasaran, dan elemen strategi bauran pemasaran yang digunakan adalah kualitas dan kuantitas calon pelanggan.Ada enam strategi: produk, harga, lokasi, produk, dan proses (Musa Sangat, Rahma Widyana, 2021).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun