Mohon tunggu...
Nuraini Ahwan
Nuraini Ahwan Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya Nuraini, saat ini saya guru di SDN 1 Dasan Tereng. Menjelajah dunia maya terutama menulis menjadi hobi belakangan ini. Dengan menulis banyak sahabat yang saya miliki dari hobi saya menulis. Saling berkunjung dan membaca tulisan teman menjadi bahan memperkaya ide saya dalam menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

ODOJOG pada Hari Kesembilan Puasa Ramadhan

1 April 2023   11:41 Diperbarui: 1 April 2023   12:05 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

One Day One Juz One Grup, sebuah alternatif kegiatan yang bisa menjadi pilihan yang bisa dilaksanakan pada bulan Ramadhan di sekolah. Kegiatan ini bisa dilaksanakan sebelum masuk pada jam efektif pembelajaran. Kegiatan bisa dilaksanakan pukul 07.00 sampai pukul 08.00 sebelum jam pelajaran dimulai atau dilaksanakan setelah usai  jam efektif belajar usai sampai menjelang waktu shalat zohor berjamaah. Jam belajar peserta didik pada bulan Ramadhan biasanya ada pengurangan waktu menjadi 25 menit/jam pelajaran untuk jenjang Sekolah Dasar. Ini artinya  peserta didik pulang lebih awal sebelum masuk waktu sholat zuhur. Bisa juga menyesuaikan sesuai kondisi sekolah.
Pada tulisan sebelumnya, saya sudah publish tentang persiapan pelaksanaan One Day One Juz one Grup, kali ini saya akan melanjutkan tentang bagaimana pelaksanaan One Day One Juz one grup. Namun sebelumnya saya tampilkan dulu tentang perlengkapan berupa bale juz, kaleng juz, kartu surat/ayat, jurnal grup.


Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Contoh pelaksanaan pembagian grup bisa dilihat pada link youtube milik Nuraini Ahwan, Keseruan Pembagian Grup https://www.youtube.com/watch?v=Vb_UV9qrf5E


Demikian contoh pelengkapan sarana yang diperlukan. Selanjutya  cara pembagian grupnya mengikuti metode pembelajaran model jigsaw. Seluruh peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 6 dikelompokkan menjadi 2 terlebih dahulu. Grup Al Qur'an dan Grup Iq'ra' masing-masing menempati tempat yang sudah ditentukan. Selanjutnya untuk One Day One Juz One Grup di bagi mengikuti  metode Jigsaw atau tim alhi dengan cara sebagai berikut.

Perhatikan dulu jumlah peserta didik yang sudah bisa baca Al Qur;an. Jumlah anggota sesuaikan jangan terlalu sedikit jangan juga terlalu banyak. sesuaikan sesuai kebutuhan.. Jika ingin khatam bersama lebih sering, maka perbanyak jumlah grup.

Jika grup akan dibagi menjadi 15 grup, maka peserta didik diminta berhitung sampai 15. Ketika sudah sampai peserta didik dengan urutan 15, maka peserta berikutnya berhitung kembali dari nomor 1. Demikian seterusnya samapi seluruh peserta didik mendapatkan nomor.

Selanjunya peserta didik yang bernomor sama berkumpul menjadi satu grup. (Grup perempuan dipisahkan dengan grup laki-laki)

Pembentukan grup seperti ini akan menghasilkan grup yang heterogen. Tidak bisa memilih-milih teman yang akan menjadi grupnya. Beragam tingkat kelancaran atau kemampuan membaca Al Qur'an sehingga membutuhkan koordinator yang akan mendampingi. Kegiatan selanjutnya adalah koordinator grup yang berasal dari guru mendampingi untuk pemilihan ketua grup. Tugas ketua grup adalah:

  • Memimpin dan mengkoordinir grup
  • Mengisi absen grup
  • Mengambil jurnal dan kaleng juz
  • Membagi surat/ayat
  • Mengisi jurnal ODOJOG,

Selanjutnya tugas koordinator adalah:

  • Koordinator bersama  ketua membantu anggota grup menemukan halaman, nama surat, dan nomor ayat
  • Koordinator membatu dan mendampingi peserta didik dalam membaca Al Qur'an
  • Kegiatan ODOJOG dimulai setelah pelaksanaan sholat duha. 
  • Membaca Al Qur'an boleh cepat- cepatan membaca supaya cepat khatam tetapi membaca;ah Al Qur'an  dengan benar. Melatih kejujuran dalam membaca sesuai kartu yang diperolehnya.

Kegiatannya:

  • Ketua grup mengambil kaleng Juz pada bale Juz
  • Ketua Grup membagi kartu surat dan ayat yang ada dalam kaleng juz
  • Koordinator membantu peserta didik yang belum bisa menemukan surat dan nomor ayat yang akan dibaca
  • Ketua grup menulis jurnal sesui jus yang diperolehnya
  • Membaca bersama. 
  • Jika ada kartu surat yang belum terambil, maka peserta didik boleh mengambil kartu surat/ayat sampai kartu surat dalam keleng juz habis terambil
  • Koordinator melaksanakan pendampingan ke grup yang menjadi tanggungjawabnya.
  • Setelah selesai, ketua grup menngembalikan kaleng juz ke bale juz.

Demikian sekilas tentang pembagian atau penentuan grup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun