Mohon tunggu...
Adil dan Nurafni sofyan
Adil dan Nurafni sofyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

sangat tertarik dengan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisa Trik Marketing Kedai Tuuk Eatry di kota Palopo

7 Februari 2023   20:10 Diperbarui: 7 Februari 2023   20:12 547
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ANALISA TRIK MARKETING KEDAI TUUK EATRY DI KOTA PALOPO

Nurafni sofyan1, Adil Adi2

Universitas Muhammadiyah Palopo, Jl. Gen. Sudirman Km. 03, Binturu, Palopo  City, South Sulawesi, Indonesia E-mail :nurafniplp21@gmail.com

ABSTRAK

Trik marketing merupakan satu hal yang penting guna untuk keberlangsungan suatu usaha, oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran usaha kuliner mie di tuuk eatry di kota palopo. Dikarenakan Banyaknya restoran mie yang ada mengakibatkan persaingan dalam bisnis ini semakin ketat. Karena itu, penting bagi para pebisnis restoran mie untuk dapat memberikan kepuasan bagi konsumen melalui mutu produk maupun layanan agar dapat bersaing dalam bisnis restoran mie. Peneltian ini menggunkan metode Kualitatif, untuk metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan teknik pengamatan secara langsung atau observasi serta wawancara secara mendalam. Adapun alat analisanya adalah menggunakan Analisa SWOT dan Siklus Deming Analisis SWOT. Berdasarkan analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan serta diuraikan bahwa Strategi pemasaran Tuuk eatry sudah dapat dikatakan baik Tuuk eatry menjual produknya dengan cara Offline maupun Online.
Kata Kunci : Trik marketing ,Tuuk eatry, SWOT

ABSTRACK

Marketing tricks are an important thing for the sustainability of a business, therefore this research was conducted with the aim of knowing the marketing strategy for a noodle culinary business at Tuuk Eatry in the city of Palopo. Due to the large number of existing noodle restaurants, the competition in this business is getting tougher. Therefore, it is important for noodle restaurant businesses to be able to provide satisfaction for consumers through quality products and services so they can compete in the noodle restaurant business. This research uses a qualitative method, for the data collection method used in this study is to carry out direct observation techniques or observations and in-depth interviews. The analysis tools are using SWOT Analysis and Deming Cycle SWOT Analysis. Based on the analysis and discussion, it can be concluded and described that Tuuk eatry's marketing strategy can be said to be good for Tuuk eatry selling its products offline and online. 

Keywords: Marketing tricks, Tuuk eatry, SWOT

PENDAHULUAN

Mie adalah produk pasta atau ekstrusi. Mie diperkirakan merupakan jenis makanan yang berasal dari daratan Cina. Hal tersebut dapat dilihat dari budaya bangsa Cina, jika diamati mie memiliki nilai simbolis karna disetiap perayaan ulang tahun mereka selalu menyajikan mie yang diyakini mewakili umur panjang dan jika memotong mie akan dipercaya mewakili nasib buruk (Juliano dan Hicks, 1990). Mie dapat pula dikategorikan sebagai salah satu komoditi pangan subtitusi karena dapat berfungsi sebagai bahan pangan utama pengganti pangan pokok.

Hadirnya kedai Tuuk eatry di kalangan masyarakat kota palopo membuat kedai ini laris tentunya karena satu2nya mie yang bisa dibilang hampir mirip dengan mie gacoan telah hadir di kota palopo tentunya membuat warga kota palopo penasaran terutama di kalangan kaum milenial tentunya menambah list untuk mereka yang para pecinta pedas 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun