Mohon tunggu...
Nur AeniSusilowati
Nur AeniSusilowati Mohon Tunggu... Administrasi - administrasi

hobi saya berolahraga seperti main badminton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perencanaan Kredit Berdasarkan 5C

20 Juni 2024   13:01 Diperbarui: 20 Juni 2024   13:03 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Nur Aeni Susilowati 

Prodi : manajemen

kepemilikan kendaraan bermotor saat ini semakin meningkat ditengah masyarakat modern saat ini. selain itu kebutuhan mobilitas yang lebih flexibel, banyak masyarakat memilih untuk mempunya kendaraan bermotor dengan menggunakan fasilitas kredit. namun sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan fasilitas kredit, harus nyiapkan beberapa perencanaan serta pertimbangan yang cukup matang . perencanaan yang bisa diambil yaitu 5C

1. Character Dalam melakukan pengajuan kredit maka data yang diberikan oleh saya sebagai pengaju adalah KTP, KK, Laporan BI Checking, CV, Catatan pembayaran pinjaman sebelumnya dan semua data yang diperlukan oleh kreditur.

2. Capital Modal yang dimiliki, Dikarenakan pemasukan saya dalam sebulan  adalah Rp 4.000.000, maka kreditur dapat mempercayakan keseriusan dalam sistem kredit

3. Capacity Kemampuan debitur dalam membayar kredit, Disini saya meiliki penghasilan  Rp 4.000.000. dikurangi pengeluaran bulanan saya sebesar Rp 2.000.0000 sehingga kemampuan bersih saya adalah Rp 2.000.000 Dengan jumlah ini, diharapkan dapat melunasi cicilan atas pengajuan kredit sesuai jangka waktu kredit motor yang telah ditetapkan.

4. Condition (Kondisi) atas mengapa diambilnya kredit ini. Saya menginginkan motor baru untuk saya agar dapat lebih efektif dan efesien dalam bepergian dan mobilitas

5. Collateral Adanya pemberian jaminan kepada kreditur, Jaminan yang saya berikan berupa sertifikat tanah dengan nilai Rp 10.000.000

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun