Adiyatma Nur Zain P, Nururiza Nanda Rahmitasari, Susilo Tri Widodo, S.Pd., M.H., dan Nur Indah Wahyuni, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV di SD N 03 Tambakaji
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan  kewarganegaraan  di  jenjang  sekolah  dasar  maupun  menengah  pada  pelaksanaannya  di sekolah  diberikan  nama  sebagai  mata pelajaran  pendidikan  pancasila  dan  kewarganegaraan.  Pendidikan pancasila  dan  kewarganegaraan  adalah  mata  pelajaran  yang  memiliki  fokus  pada  materi  yang  membentuk karakter  warga  negara  Indonesia  agar  memahami  serta  melaksanakan  hak  serta  kewajiban  sebagai  seorang warga  negara  yang  terampil,  cerdas,  maupun  berkarakter  dengan  berorientasi  pada  Undang-Undang  Dasar tahun  1945  dan  Pancasila  sebagai  falsafah  bangsa.  Pengajaran  dan  pemahaman  mengenai  pendidikan pancasila  dan  kewarganegaraan  perlu  dilakukan  analisis serta  penerapan  nilai-nilai  di  mata  pelajarannya dengan  berbagai  nilai  bangsa  Indonesia  di  dalamnya.  Pembelajaran  dalam  pendidikan  pancasila  dan kewarganegaraan saat ini terus mengalami penyesuaian serta pengembangan secara fluktuatif dari segi model pembelajaran  hingga  substansi  yang  disampaikan  untuk  menghadapi  berbagai  tantangan  global  yang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H