Mohon tunggu...
Nur Laila Sofiatun
Nur Laila Sofiatun Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Perempuan yang ingin bermanfaat bagi keluarga, agama, bangsa dan negara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Soal Kompetensi Manajerial Part 2 (Seri Lolos PPPK)

1 November 2023   22:23 Diperbarui: 1 November 2023   22:57 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (sumber: linggaupos.disway.id)

Pagi tadi saya menulis sebuah tulisan dengan Judul "Soal Kompetensi Wawancara Part 2 (Seri Lolos PPPK). Saya jadwalkan untuk tayang pukul 12.12 (biar jadi angka cantik...hehe). 

Tapi sayang beribu sayang, sekitar pukul 1 lebih saya cek kompasiana untuk mengecek tayangan tulisan-tulisan saya dapati sebuah pesan dari kompasiana bahwa tulisan saya dihapus karena dianggap plagiasi. Alhasil, hilanglah tulisan tersebut. 

Saya menuliskan soal-soal kompetensi untuk persiapan menhadapi tes seleksi kompetensi PPPK dengan tujuan belajar sekaligus berbagi dengan kawan seperjuangan lainnya. Istilah jawanya ngiras-ngirus. Jujur soal tersebut memang bukan saya yang buat, karena posisi saya juga masih belajar.

Saya hanya berharap tulisan tersebut bermanfaat bagi sesama pejuang PPPK. Toh di banyak website, youtube, bahkan surat kabar online pun banyak pula menampilkan soal-soal yang sudah banyak dipaparkan oleh orang lain. Tapi, ya sudahlah.  Hal ini jadi peringatan buat aku si, bagaimanapun jangan asal sebar soal...hehe

Soal Kompetensi Manajerial

Tapi, saya tetap ingin menuliskan soal-soal kompetensi guna belajar bersama dengan kalian. Pada kesempatan kali ini saya berniat untuk berbagi soal kompetensi manajerial yang saya pelajari bersama dengan kuncinya. 

Yuks, langsung kita mulai saja.

1. Yakub adalah salah satu pegawai di sebuah perusahaan. Pada suatu ketika ia diminta oleh Manajer Sumber Daya Manusia untuk menyimpan dokumen penilaian kinerja seluruh karyawan di perusahaan tempatnya bekerja dikarenakan Manajer mendadak harus pergi. Manajer memberikan pesan agar dokumen tersebut jangan dibuka karena datanya bersifat rahasia. Tidak ada seorang pun yang tahu bahwa Yakub diberi kepercayaan tersebut. Dalam dokumen tersebut memuat data-data tentang pegawai-pegawai yang akan dipromosikan. Yakub adalah salah satu pegawai yang akan dipromosikan Jika Anda sebagai Yakub, apa yang akan Anda lakukan?

A. Melihat seluruh dokumen pegawai dicalonkan untuk promosi sekadar untuk mengetahui saja tanpa memberi tahu orang lain
B. Menanyakan langsung secara pribadi kepada Manajer Sumber Daya Manusia tentang kesempatan promosi Anda
C. Melihat dokumen yang khusus berkaitan dengan data promosi Anda
D. Tidak membuka dokumen karena sudah diberi pesan jangan dibuka karena datanya bersifat rahasia
E. Mengajak teman yang dipercaya untuk sekadar membuka untuk melihat data Anda tanpa membocorkannya kepada yang lain

Jawaban: D

2. Bila jadwal yang biasanya Anda lakukan di tempat Anda bekerja diubah secara tiba-tiba, maka Anda akan .....

A. Mencari teman lain yang mengalami hal serupa dan melakukan protes
B. Tertantang, bersemangat dan segera menyesuaikan diri
C. Biasa saja dan melakukannya
D. Marah-marah dan mengeluh
E. Panik dan gelisah

Jawaban: B

3. Jika Anda diberi suatu tugas dan hasilnya nanti digunakan untuk menentukan besar bonus yang akan Anda terima, maka apa yang akan Anda lakukan?

A. Berusaha keras sambil meminta bantuan orang lain untuk mencapai penyelesaian tugas
B. Berusaha keras untuk menyelesaikan tugas dengan cara yang sehat
C. Beruasaha sekuat tenaga agar saya mendapatkan bonus tinggi
D. Bekerja seperti biasanya karena rezaki sudah ada yang mengatur
E. Berusaha sebatas kemampuan yang dimiliki

Jawaban: B

4. Dalam bekerja, rekan-rekan kerja Anda menilai Anda sebagai karyawan yang .....

A. Serius namun tetap santai dalam bekerja
B. Semangat dalam menjalankan tugas
C. Menyukai target yang menantang
D. Rasional dalm menetapkan target
E. Selalu ceria dalam bekerja

Jawaban: C

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun