Kemarin siang komandan tingkat (komting) rombel saya membagikan surat edaran dalam bentuk pdf yang bersifat segera dengan lampiran sebanyak satu berkas. Surat edaran tertanggal 30 Oktober tersebut pun segera saya buka, takut isinya yang penting dan mendesak mengingat sifatnya yang segera.
Setelah saya unduh dan kemudian saya baca ternyata surat edaran tersebut berisi tentang materi pokok pada soal kompetensi teknis yang akan diikuti oleh calon aparatus sipil negara (CASN) nantinya. Di edaran tersebut terlampir materi pokok yang perlu dikuasai oleh para pelamar di tiap-tiap formasi.
Kisi-Kisi Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru
Berikut ini adalah materi pokok yang perlu dikuasai oleh seorang guru-ahli pertama. Materi ini yang nantinya akan diujikan pada seleksi kompetensi teknis.
1. Â Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan
2. Materi suatu disiplin ilmu yang relevan
3. Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu
4. Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan
5. Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
6. Konsep-konsep yang berkaitan dengan suatu disiplin
7. Teori belajar Ausubel
8. Teori belajar Gagne
9. Teori belajar Piaget
10. Karakteristik murid berkebutuhan khusus
11. Tahapan perkembangan berdasarkan usia dan karakteristik khas masing-masing tahap
12. Teori belajar Gagne: Taksonomi Bloom dan perkembangannya
13. Profil Pelajar Indonesia
14. Teori Belajar Gagne
15. Learning Objective
16. Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning
17. Teori dasar komunikasi
18. Active listening
19. Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar
20. Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan
21. Mengembangkan motivasi siswa
22. Behavior modification & habit formation
23. Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku
24. Desain pembelajaran
25. Facilitating learning
26. Berfikir kritis
27. Berbagai teknik asesmen di tingkat kelas (classroom-based assessment ) sesuai dengan tujuanpembelajaran
28. Konsep dan prinsip assessment as learning dan assessment for learning
29. Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (feedback )
30. Program remedial dan program pengayaan berdasarkan hasil asesmen
31. Refleksi
32. Procedural & declarative knowledge
33. Working memory & long-term memory
34. Kode etik guru
35. Interaksi guru-murid
36. School safety
37. Diversity
38. Pengertian dan pengembangan potensi
39. Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri
Demikian tadi materi pokok yang perlu dikuasai oleh seorang guru ahli pertama. Semoga ke depan saya bisa membuat tulisan untuk membahas materi pokok di atas ya.Â
Inti dari materi pokok di atas adalah penguasaan pelamar terhadap materi keguruan dan materi pada disiplin ilmu yang dilamar. Misalkan saja seseorang yang mendaftar sebagai ahli pertama guru TIK, maka ia harus menguasai disiplin ilmu TIK.