LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK DHARMA WANITA 2 KAPI
Lingkup Pendidikan
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B
Penulis
NUR LAILI WARDIANA
Tanggal
12 Nopember 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat di TK Dharma Wanita 2 kapi terkait kemampuan  motorik halus anak yaitu diperoleh dari 15 anak kelompok B terdapat 9 anak kesulitan dalam mengkoordinasikan mata dengan tangan. latar belakang penyebab masalah yaitu:
- Media yang digunakan kurang variatif.
- Kurangnya stimulus yang diberikan guru terkait tahapan motorik halus anak.
- Menggunakan pola yang belum sesuai tahapan anak.
Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak yaitu melalui kegiatan mengguting sesuai pola yang disesuaikan kemampuan anak.
Praktik ini penting dibagikan karena :
- Kegiatan menggunting dengan pola anak lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
- Kegiatan mengunting pola yang dilakukan di sekolah sebelumnya hanya menggunakan LKA ataupun buku tulis dengan pola yang rumit sehingga membuat anak tidak tertarik.
- Penggunaan benda konkret dan penayangan video pada penyampaian materi pembelajaran sehingga anak dapat belajar secara langsung dan lebih bermakna.
Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :
- Melakukan diskusi dengan teman sejawat, dosen dan guru pamong mengenai RPP yang dibuat agar lebih baik.
- Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga dapat meningkatkan minat anak.
- Membuat media yang bervariatif untuk menarik minat belajar anak.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan :
- Anak yang belum mampu mengkoordinasikan mata dengan tangan melalui teknik menggunting sesuai pola
- Anak yang belum bisa menggunakan gunting dengan benar
- Pemilihan media dan bahan yang dapat meningkatkan kemampuan mengkoodinasikan mata dengan tangan melalui kegiatan menggunting
Adapun pihak-pihak yang terlibat yaitu:
Â
- Kepala Sekolah TK Dharma Wanita 2 Kapi yang memberikan izin persetujuan pelaksanaan PPL.
Guru sebagai tenaga pengajar yang telah membantu pelaksanaan PPL.
Teman guru sebagai kameramen dalam perekaman video paktik PPL.
Koordinasi dengan walimurid sehubungan dengan anak yang akan diajak PPL
Dosen dan Guru Pamong yang memberikan bimbingan, masukan, dan saran yang bersifat membangun untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran pada siklus ini, sehingga pada siklus selanjutnya dapat berjalan sesuai dengan harapan.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah -- langkah dan strategi :
- Memperkenalkan pola yang akan di gunting secara menyenangkan baik menggunakan benda konkret maupun disajikan dalam kegiatan permainan
- Memberi contoh cara menggunting dengan benar dan rapi
- Membuat media yang lebih menarik dan bervariatif
Sumber daya :
- Kemampuan guru dalam mengoperasikan alat-alat seperti laptop
- Buku sebagai materi pembelajaran
- Mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah
- Membutuhkan kerja sama antara anak dan orang yang membantu pada saat pengambilan video
- Kemampuan guru dalam memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan mengkoordinasikan mata dengan tangan melalui kegiatan menggunting sesuai pola di Tk Dharma Wanita 2 Kapi dimana presentase keberhasilan yang di dapatkan yaitu 90% berkembang sangat baik dan 10 % siswa yang masih berkembang sesuai harapan dalam kemampuan mengkoordinasikan mata dengan tangan.
Hal ini mendapat respon/ tanggapan positif dari
peserta didik, teman/guru sejawat, kepala sekolah, dosen dan guru pamong bahwa pembelajaran lebih menarik dengan kegiatan menggunting sesuai pola. pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga kemampuan anak dalam mengkoordinasikan mata dengan tangan dapat meningkat.
Keberhasilan ini juga dimotivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak, metode dan media yang digunakan menarik minat anak.
Â
RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas PAUD)Â
Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.
Nama      : Nur Laili Wardiana
Instansi    : TK Dharma Wanita 2 Kapi
Prodi      : PAUDÂ
Rencana KegiatanÂ
WaktuÂ
Tempat KegiatanÂ
Pihak Yang TerkaitÂ
KeteranganÂ
Menyusun RPP 1
Senin, 27
September 2023
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat Bahan Ajar
Selasa, 4
Oktober 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat Media
Rabu, 5
Oktober 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat LKPD
Kamis, 6 Oktober 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat
Instrumen
Penilaian
Jumat, 7 Januari 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Â
RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)
Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik  pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.
Nama      : Nur laili wardiana
Instansi    : TK Dharma Wanita 2 Kapi
Prodi      : PAUDÂ
RencanaÂ
KegiatanÂ
WaktuÂ
TempatÂ
KegiatanÂ
Pihak Yang TerkaitÂ
KeteranganÂ
Pembuatan skenario video
RPP 1
Selasa, Â 8 November
2022
Kelas B
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Latihan buat video
Rabu, 9 November
2022
Kelas B
Guru dan Teman
SejawatÂ
Pukul 07.00
Rekaman
video
Sabtu, 12 November
2022
Kelas B
Guru dan Teman
SejawatÂ
Pukul 07.15
Editing video
Selasa, 15 November
2022
Ruang
Guru
Guru dan Teman
SejawatÂ
Pukul 11.00
Finalisasi video
Sabtu, Â 19 November
2022
Dirumah
GuruÂ
Menyesuaikan
Â
RTL-3 (Menyusun Best Practise)
Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu danÂ
Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.
Nama      : Nur Laili Wardiana
Instansi    : TK Dharma Wanita 2 Kapi
Prodi      : PG PAUD
Rencana KegiatanÂ
WaktuÂ
Tempat KegiatanÂ
Pihak Yang TerkaitÂ
KeteranganÂ
Koordinasi persiapan Best Practise
Senin, Â
5 Desember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Pelaksanaan Best PractiseÂ
Senin, 7
Nopember
2022
Kelas B
Guru dan Teman SejawatÂ
Pukul 07.15
Pelaksanaan Best PractiseÂ
Senin, 14
Nopember
2022
Kelas B
Guru dan Teman SejawatÂ
Pukul 07.15
Analisis Data
Sabtu, Â 19
Nopember
2022
Kelas B
GuruÂ
Pukul 11.00
Pembuatan laporan Best Practise
Senin, 9 Â
Desember
2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
LAMPIRAN
FOTO KEGIATAN ANAK
 Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H