Mohon tunggu...
NUR LAILIWARDIANA
NUR LAILIWARDIANA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya senang sama anak-anak oleh sebab itu saya memilih menjadi guru paud.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.1 Best Practice Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting

9 Desember 2022   18:30 Diperbarui: 9 Desember 2022   18:36 1086
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK DHARMA WANITA 2 KAPI

Lingkup Pendidikan

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B

Penulis

NUR LAILI WARDIANA

Tanggal

12 Nopember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat di TK Dharma Wanita 2 kapi terkait kemampuan  motorik halus anak yaitu diperoleh dari 15 anak kelompok B terdapat 9 anak kesulitan dalam mengkoordinasikan mata dengan tangan. latar belakang penyebab masalah yaitu:

  • Media yang digunakan kurang variatif.
  • Kurangnya stimulus yang diberikan guru terkait tahapan motorik halus anak.
  • Menggunakan pola yang belum sesuai tahapan anak.

Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak yaitu melalui kegiatan mengguting sesuai pola yang disesuaikan kemampuan anak.

Praktik ini penting dibagikan karena :

  • Kegiatan menggunting dengan pola anak lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
  • Kegiatan mengunting pola yang dilakukan di sekolah sebelumnya hanya menggunakan LKA ataupun buku tulis dengan pola yang rumit sehingga membuat anak tidak tertarik.
  • Penggunaan benda konkret dan penayangan video pada penyampaian materi pembelajaran sehingga anak dapat belajar secara langsung dan lebih bermakna.

Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :

  • Melakukan diskusi dengan teman sejawat, dosen dan guru pamong mengenai RPP yang dibuat agar lebih baik.
  • Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga dapat meningkatkan minat anak.
  • Membuat media yang bervariatif untuk menarik minat belajar anak.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan :

  • Anak yang belum mampu mengkoordinasikan mata dengan tangan melalui teknik menggunting sesuai pola
  • Anak yang belum bisa menggunakan gunting dengan benar
  • Pemilihan media dan bahan yang dapat meningkatkan kemampuan mengkoodinasikan mata dengan tangan melalui kegiatan menggunting

Adapun pihak-pihak yang terlibat yaitu:

 

  • Kepala Sekolah TK Dharma Wanita 2 Kapi yang memberikan izin persetujuan pelaksanaan PPL.

Guru sebagai tenaga pengajar yang telah membantu pelaksanaan PPL.

Teman guru sebagai kameramen dalam perekaman video paktik PPL.

Koordinasi dengan walimurid sehubungan dengan anak yang akan diajak PPL

Dosen dan Guru Pamong yang memberikan bimbingan, masukan, dan saran yang bersifat membangun untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran pada siklus ini, sehingga pada siklus selanjutnya dapat berjalan sesuai dengan harapan.



Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah -- langkah dan strategi :

  • Memperkenalkan pola yang akan di gunting secara menyenangkan baik menggunakan benda konkret maupun disajikan dalam kegiatan permainan
  • Memberi contoh cara menggunting dengan benar dan rapi
  • Membuat media yang lebih menarik dan bervariatif

Sumber daya :

  • Kemampuan guru dalam mengoperasikan alat-alat seperti laptop
  • Buku sebagai materi pembelajaran
  • Mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah
  • Membutuhkan kerja sama antara anak dan orang yang membantu pada saat pengambilan video
  • Kemampuan guru dalam memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan mengkoordinasikan mata dengan tangan melalui kegiatan menggunting sesuai pola di Tk Dharma Wanita 2 Kapi dimana presentase keberhasilan yang di dapatkan yaitu 90% berkembang sangat baik dan 10 % siswa yang masih berkembang sesuai harapan dalam kemampuan mengkoordinasikan mata dengan tangan.

Hal ini mendapat respon/ tanggapan positif dari
peserta didik, teman/guru sejawat, kepala sekolah, dosen dan guru pamong bahwa pembelajaran lebih menarik dengan kegiatan menggunting sesuai pola. pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga kemampuan anak dalam mengkoordinasikan mata dengan tangan dapat meningkat.

Keberhasilan ini juga dimotivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak, metode dan media yang digunakan menarik minat anak.

 

RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas PAUD) 

Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.

Nama           : Nur Laili Wardiana

Instansi       : TK Dharma Wanita 2 Kapi

Prodi           : PAUD 

Rencana Kegiatan 

Waktu 

Tempat Kegiatan 

Pihak Yang Terkait 

Keterangan 

Menyusun RPP 1

Senin, 27

September 2023

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Membuat Bahan Ajar

Selasa, 4

Oktober 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Membuat Media

Rabu, 5

Oktober 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Membuat LKPD

Kamis, 6 Oktober 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Membuat

Instrumen

Penilaian

Jumat, 7 Januari 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

 

RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)

Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik  pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.

Nama           : Nur laili wardiana

Instansi       : TK Dharma Wanita 2 Kapi

Prodi           : PAUD 

Rencana 

Kegiatan 

Waktu 

Tempat 

Kegiatan 

Pihak Yang Terkait 

Keterangan 

Pembuatan skenario video

RPP 1

Selasa,   8 November

2022

Kelas B

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Latihan buat video

Rabu, 9 November

2022

Kelas B

Guru dan Teman

Sejawat 

Pukul 07.00

Rekaman

video

Sabtu, 12 November

2022

Kelas B

Guru dan Teman

Sejawat 

Pukul 07.15

Editing video

Selasa, 15 November

2022

Ruang

Guru

Guru dan Teman

Sejawat 

Pukul 11.00

Finalisasi video

Sabtu,  19 November

2022

Dirumah

Guru 

Menyesuaikan

 

RTL-3 (Menyusun Best Practise)

Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan 

Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.

Nama           : Nur Laili Wardiana

Instansi       : TK Dharma Wanita 2 Kapi

Prodi           : PG PAUD

Rencana Kegiatan 

Waktu 

Tempat Kegiatan 

Pihak Yang Terkait 

Keterangan 

Koordinasi persiapan Best Practise

Senin,  

5 Desember 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Pelaksanaan Best Practise 

Senin, 7

Nopember

2022

Kelas B

Guru dan Teman Sejawat 

Pukul 07.15

Pelaksanaan Best Practise 

Senin, 14

Nopember

2022

Kelas B

Guru dan Teman Sejawat 

Pukul 07.15

Analisis Data

Sabtu,  19

Nopember

2022

Kelas B

Guru 

Pukul 11.00

Pembuatan laporan Best Practise

Senin, 9  

Desember

2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

LAMPIRAN

FOTO KEGIATAN ANAK

  
 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun