Mohon tunggu...
Nur NayaYasirlana
Nur NayaYasirlana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menyukai hal hal politik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Kampanye yang Dilakukan oleh TKN Prabowo Gibran

28 Maret 2024   22:00 Diperbarui: 28 Maret 2024   22:01 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apabila berbicara mengenai kampanye dan pemilu tahun 2024 tentunya tidak lepas dari pasangan fenomenal Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selain karena polemik yang mewarnai pencalonan keduanya tetapi juga berbagai strategi kampanye yang dilakukan , tim pemenangan Prabowo Gibran dinilai jor -jor.an dalam melakukan kampanye politik.

Hal ini dikarenakan Prabowo Gibran menggunakan strategi kampanye yang menyasar anak muda dengan berbagai tren yang dilakukan di media sosial, mulai dari mengusung lagu Ok gas ok gass , yang digunakan sebagai lagi resmi pasangan ini hal ini karena dinilai mudah dipahami dan lekat dengan kalangan muda.

Selain hal tersebut Prabowo dan Gibran juga fokus terhadap pembangunan emosional pada golongan anak muda dengan mengangkat isu isu pribadi Meraka contoh kisah percintaan pak Prabowo dan ketulusan yang dilakukan beliau menjadi sebuah power tersendiri, hal ini tentunya memberikan rasa empati kaum muda bagi memilih.

Dan tak lupa dengan kreativitas pak Gibran dalam menanggapi seluruh jokes -jokes yang berkembang mulai dari Sam sulfat , Samsul dll hal ini malah dijadikan sebagai salah satu strategi kampanye dari beliau , saat pada debat cawapres Gibran juga menggunakan pakaian bercorak santai dengan logo Naruto maupun one piece sebab Gibran banyak dikaitkan dengan negeri Konoha dan boruto.

Nilai atau pesan utama yang ditampilkan oleh pasangan Prabowo Gibran adalah kedekatan dengan anak muda , menyuarakan aspirasi anak muda , dan membuat politik santai serta dekat dengan kaum muda , tidak hanya itu dengan mengusung kata kerja nyata hal ini juga memberikan pesan bahwa tim Prabowo Gibran adalah tim yang mengedepankan kerja nyata daripada retotika belaka sehingga langsung berdampak pada masyarakat.

Strategi yang dilakukan sangatlah berhasil buktinya hasil akhir pemilu tahun 2024 menunjukkan pasangan Prabowo Gibran menang telak dari lawannya dengan perolehan 50% suara lebih dan juga strategi mereka di media sosial khususnya tiktok sangatlah berhasil , anak muda cenderung memilih pasangan Prabowo Gibran dengan seluruh image yang mereka bangun dari awal. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun