Pembangunan Industri kreatif di Indonesia merupakan salah satu sektor yang mempunyai peranan penting dalam penggerak pertumbuhan ekonomi industri. salah satu industri kreatif yang sedang berkembang adalah Distro Clothing. Pengrajin membuat Industri Kreatif ini masih bertahan dan bersaing dengan para pesaing dengan Distro Clothing lainnya. Ditandai dengan adanya peningkatan penjualan serta desain yang terus menerus di inovasi itu adalah bentuk dari semangat para pengrajin untuk mempertahankan dan menjadikan Industri Kreatif Distro Clothing ini sebagai sumber mata pencaharian. Meskipun demikian masih adanya kendala -- kendala yang harus dihadapi dalam menjalani kegiatan ini, seperti kurangnya perhatian dari Pemerintah terhadap para pengrajin, kurang nya akses permodalan, pembelian bahan baku masih sulit dan masih kurangnya dukungan terhadap produk lokal oleh masyarakatnya sendiri. Strategi yang dapat dilakukan dalam pengembangan industri kreatif Distro Clothing, Strategi Diversifikasi (Produk / Pasar) Kesimpulan dari penelitian ini supaya para pengusaha melakukan diversifikasi terhadap produk maupun pasarnya. Pengembangan Industri Kreatif Distro Clothing diharapkan dapat lebih diperhatikan lagi oleh Pemerintah untuk memberikan pelatihan ataupun akses permodalan bagi para pelaku industri dalam mengembangkan usaha industrinya supaya mampu bersaing dengan usaha industri sejenis diluar negri maupun dalam negri
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H