Mohon tunggu...
Mahasiswa PPG UST
Mahasiswa PPG UST Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penuis Pemula

Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 5 SD oleh Mahasiswa Prodi PGSD UNIMMA

22 Februari 2022   00:49 Diperbarui: 22 Februari 2022   00:51 2535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membaca merupakan aspek penting dalam kehidupan. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca, seperti meningkatkan kinerja otak, menambah pengetahuan, dan mengasah daya inga. Membaca merupakan hal penting dan memiliki dampak yang sangat bagus untuk manusia. Namun, sangat disayangkan bahwa tingkat minat baca di Indonesia masih cukup rendah. Oleh karena itu, mahasiswa PPMT UNIMMA menerapkan metode Mind Mapping untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 5 SD Negeri Tempurejo 1. Dengan menggunakan metode ini, diharapkan agar siswa lebih antusias dan lebih memahami bacaan dengan cermat.


Hal di atas dilakukan mahasiswa program studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Magelang terhadap siswa kelas 5 SD Negeri Tempurejo 1. Siswa dilatih membuat media Mind Mapping sesuai dengan materi pembelajaran.


Tim yang terdiri dari para mahasiswa tersebut menggunakan Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) untuk memberikan sosialisasi hingga pelatihan terkait pentingnya minat baca dan Mind Mapping.


Sosialisasi dan pelatihan yang diadakan selama satu bulan (Januari) kemarin ini untuk menanamkan dalam benak siswa pentingnya membaca bagi kehidupan dan dalam memahami materi pembelajaran. Sejumlah mahasiswa tidak hanya mensosialisasikan pentingnya membaca, tetapi juga mengajarkan siswa bagaimana membuat Mind Mapping dengan benar dan terlihat menarik untuk dibaca dan dipelajari, dengan tujuan agar siswa tidak merasa bosan saat membaca materi pembelajaran.
Dengan metode Mind Mapping ini, siswa lebih antusias dan senang karena mereka dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka tanpa batas dalam mempelajari materi pembelajaran. Dengan metode Mind Mapping siswa juga mampu memahami materi dengan cara biasa, pemilihan warna yang menarik juga dapat membuat siswa tidak bosan mempelajari dan membaca materi pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun