pemateri : Siti Dalilah Candrawati
Pendidikan Karakter yang dibina dapat dikategorikan menjadi 3 hal, yaitu :
1. Pendidikan Formal
pendidikan yang berjenjang secara runtut, seperti SD, SMP, SMA
2. Pendidikan Informal
pendidikan yang mengembangkan bakat dan skill keterampilan
3. Pendidikan non-formal
pendidikan paling dasar yaitu keluarga inti.Â
keluarga inti atau muklir family yaitu pendidikan yang sedari dini mulai diajarkan melalui seorang ibu. mulai dari mengandung sampai melahirkan anak tersebut selalu intens berkomunikasi dengan ibunya. karena memang fitroh perempuan adalah mengandung, melahirkan , dan menyusui. selebihnya lelaki ridak bisa melakukan itu. perempuan bersifat multitasking dimana bisa  melakukan dua/lebih kegiatan dalam satu waktu karena memiliki otak yang ada diantara otak kanan dan kiri. demikian itu yang bisa menjadi salah satu alasan berkembangnya hormon estrogen pada perempuan yang mempengaruhi perannya. hingga sikapnya menjadi feminim.
tergerusnya zaman, yang tentunya akan membangun peradaban yang akan mempengaruhi bangsa.Tidak bisa dipersatukannya (inkompatibilitas) antara keharusan pembaruan dan integrasi ialah kenyataan bahwa bila suatu inisiatif pembaruan telah diambil oleh sebagian umat, maka sebagian yang lain akan mengadakan reaksi kepadanya ( Nurcholis. Islam: Kemodernan dan Keindonesiaan, 204-14, 1987 .
bahkan, Desain Induk Pembangunan Karakter bangsa (2010) dapat di identifikasi sebagai berikut;(1), Disorientasi dan belum dihayatinya nilai-nilai Pancasila sebagai filosofi dan ideologi bangsa;(2), Keterbatasan perangkat kebijakan terpadu dalam mewujudkan nilai-nilai esensi pancasila;(3), Bergesernya nilai-nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara;(4), Memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa;(5), Ancaman disintegrasi bangsa;(6), Melemahnya kemandirian bangsa. itu kata Nurdin Dosen Jurusan Dakwah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari dalam jurnalnya  pendidikan karakter. Pendidikan karakter membagi menjadi fokus utama dalam belajar adalah strategi dan metode belajar.Kemendiknas, 2010, Seri pendidikan Karakter: Teori dan Aplikasinya Jakarta: Kemendiknas RI. hal ini tak mudah jika dilakukan oleh masyarakat, namun jika nilai tersebut dilakukan mustahil jika tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.