Mohon tunggu...
nur hanifah ahmad
nur hanifah ahmad Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Freelance, Alumni S1 Studi Agama-agama UIN Sunan Kalijaga

Penulis bebas yang sedang belajar di dunia kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menelusuri Kenangan di MP Kampus Masa S1

23 Juli 2023   03:31 Diperbarui: 23 Juli 2023   03:32 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumen Pribadi Penulis

Gedung bernuansa khas UIN Sunan Kalijaga ini bernama Multi Purpose atau biasa disingkat dengan MP. Pada gedung ini ada banyak kenangan yang pernah aku ukir dengan indah. Masa MABA (Mahasiswa Baru) tahun 2017 paling utama yang mejadi awal mula aku berkenalan lebih jauh dengan dunia kampus impianku. Menyaksikan para pemenang berkumpul menjadi satu di gedung megah nan indah ini. Bahagia sekali rasanya waktu itu bisa menjadi bagian dari para pemenang yang menaklukkan banyak pesaing dengan diibaratkan pemenang itu jarum dibalik tumpukan jerami.

Secara resmi masa itu dinamakan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik Kampus). Lokasiku berada di tribun atas sebelah timur. Menjadi penyendiri tentu saja aku lakukan. Berkenalan kesana kemari lalu berujung menyendiri. Sudah biasa untukku. Si pendiam, pemalu dan penyendiri yang khas untukku sejak SD.

PBAK hari pertama berlangsung dengan mempesona. Pengenalan banyak hal bagus untuk pengembangan para Mahasiswa di kampus paling utama. Aku tertarik mengikuti banyak hal. Aku ingin memaximalkan kesempatan berproses di kampus negeri ternama yang tergolong berkualitas tinggi ini. Maka ku niatkan waktu itu untuk berproses di segala sudut.

Usai PBAK hari pertama yang penuh di MP, PBAK selanjutnya ada di fakultas dan prodi masing-masing. Sebagai Maba yang minus banyak, aku harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang kualitas Mahasiswanya terlampau tinggi. Pemikiran mereka rata-rata tingkat tinggi. Dari gaya berkomunikasi, bertanya dan berdebat itu luar biasa banget. Apalah aku yang butiran debu. Namun aku ingin menjadi seperti mereka. Sooo... kan ku maximalkan proses.

-=-

2017 usai resmi menjadi mahasiswa kampus impianku, sepenuhnya aku lakukan untuk self improvement di kampus. Lalu beberapa kali sepanjang masa S1 dari tahun 2017 hingga tahun 2022, ada banyak acara berupa seminar, workshop, pameran, hingga vaksin Covid 19 diadakan di MP. Kenangan menjadi sangat banyak di MP. Terlalu indah untukku.

Tahun 2022 untuk terakhirnya kalinya menjadi panitia PBAK di masa berstatus mahasiswa aktif. Menjadi panitia bagian relawan PLD. Ini sangat menyenangkan. Berproses di masa akhir keaktifan. Menuai kisah indah sembari memperjuangkan selesainya skripsi. Hingga acara PBAK 2022 berakhir. Ada rasa bahagia campur sedih. 5 tahun yang berliku indah dalam proses pengembangan diri harus segera berakhir dan harus melanjutkan perjalanan selanjutnya.

-=-

Kenangan terakhir di dalam MP ketika aku Wisuda S1. Rasa campur aduk bersatu padu ketika upacara wisuda S1 pada Februari 2023. Ruang MP menjadi salah satu saksi perubahan yang terjadi dari Maba hingga resmi diwisuda. Aku tidak salah pilih kampus impianku untuk S1. Kampus ini telah berhasil memberi kesempatan seorang yang awal masuk serba minus untuk mengembangkan diri lebih jauh. Hingga lulus membawa hasil indah dari perjuangan masa S1. Sangat banyak hasil indahnya.

Perjalanan selanjutnya pada 23 Juli 2023 aku masih mencari. Entah mencari kampus lain untuk berproses atau tetap berada di kampus masa S1 atau mungkin takdir lain yang belum aku tau. Entahlah...  hal pasti semua peluang berusaha aku perjuangkan. Dan berusaha menerima takdir terbaik hasil perjuangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun