Mohon tunggu...
NUR NGAFIFAH
NUR NGAFIFAH Mohon Tunggu... -

harus semangat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

“Sesuatu” Memusingkan tapi Menarik untuk Dipelajari, Itulah “Teori Pembelajaran”

16 Oktober 2011   07:05 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:54 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seperti yang kita tahu, ada begitu banyak teori pembelajaran baik yang termasuk dalam kelompok koneksionisme dengan stimulus dan responsnya maupun yang termasuk dalam kelompok kognitif dengan memperhatikan variabel-variabel yang terkait dengan perolehan, penyimpanan, dan penggunaan informasi. Dari sekian banyak teori yang ada, manakah teori yang ideal? dari teori masa lalu, masa kini dan masa yang akan dating? ada beberapa hal yang membedakan teori-teori pembelajaran, yaitu: penggunaan variable perantara, variabel perantara itu bersifat koneksionis atau kognitif, apakah penguatan merupakan inti pembelajaran, pembelajaran itu dianalisis pada level molar atau molecular, penyajian teori secara formal atau informal, cakupan topic yang ditangani oleh suatu teori, penemkanan pada aspek bawaan, dan kepraktisan suatu teori.

Selain itu, yang menjadi permasalahan adalah criteria teori yang ideal agar dapat diterapkan dan pelaksanaannya efektif untuk saat ini yang masa yang akan dating. teori ideal yang diperjuangkan para teoritisi mirip dengan cita-cita Hull yaitu yang formal, akurat, konsisten secara internal, cakupan luas meliputi seluruh topic mengenai pembelajaran dan motivasi. Selain itu teori juga harus berguna dan praktis.

Untuk menentukan teori yang ideal bagi pembelajaran masa kini dan yang akan dating, kita harus mengetahui dulu arti penting teori pembelajaran dewasa ini. Suatu teori tidak selalu menghasilkan prediksi yang akurat. Saat teori itu menghgasilkan prediksi mungkin akan akurat dalam laboratorium yang variable-variabelnya terkontrol dengan cermat tetapi bagaimana dengan di lapangan, mungkin hasilnya akan berbeda. Pada umumnya teori pembelajaran memiliki dua arti penting pokok. Pertama teori pembelajaran menyediakan kosa kata dan kerangka konseptual yang dapat digunakan untuk menginterpretasi contoh-contoh pembelajaran yang kita amati. Yang kedua teori pembelajaran menuntun kita untuk mencari solusi atas persoalan-persoalan praktis. Beberapa saran dari para teoritisi untuk menggunakan kedua hal itu antara lain mempraktikkkan respon yang hendak dipelajari dalam kondisi tertantu dimana respon tersebut akan digunakan, juga perlunya mempraktikkan respon tertentu dalam kondisi yang berbeda-beda agar srespon itu tertanam kuat dalam diri kita. Saran yang lain dengan mencari tahu hal yang menguatkan tindakan tertentu agar dapat menghadirkan penguat itu agar tindakan terjadi atau agar tindakan hilang. Saran lain menyebutkn bahwa pembelajaran saat ini berkembang dari pembelajaran pada waktu sebelumnya.

Demikian uraian mengenai teori-teori pembelajaran, semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun