[caption id="attachment_315758" align="aligncenter" width="368" caption="Orang Tua Abad ke-21 ......(doc: Peneribit Gramedia)"][/caption]
Menyambung tulisan saya sebelumnya, Menjadi Orang Tua Abad ke - 21, Terobosan Menjadi Orang Tua di Zaman Sulit ada sedikit saran dari John C. Maxwell. Untuk mendeteksi apakah kita mengikuti pola pengasuhan terhadap anak-anak kita dengan cara biasa-biasa saja yang orang lakukan pada umumnya atau kita terus melakukan penyesuaian dengan terobosan disana-sini.
Kalau kita mau jujur, berbagai terobosan yang kita berikan pada anak-anak kita, entah mereka masih bayi, remaja atau berada di antara usia tersebut adalah suatu kemajuan. Karena perubahan itu sebenarnya merupakan hal yang penting, agar seorang anak bisa lebih memungkinkan untuk mengembangkan potensi atau kemampuannya. Intinya menurut saya adalah bagaimana kita bisa mendeteksi kemampuan dan bakat dari anak-anak kita secara dini agar mereka bisa lebih berkembang.
Sebenarnya kalau kita mau jujur, berbagai terobosan pada anak-anak kita, entah masih bayi, remaja atau berada di antara usia tersebut adalah suatu kemajuan. Disamping itu perubahan juga merupakan hal yang penting, agar seorang anak bisa lebih memungkinkan untuk mengembangkan potensi atau kemampuannya. Intinya menurut saya adalah bagaimana kita bisa mendeteksi kemampuan dan bakat dari anak-anak kita agar lebih berkembang. Tentunya setelah kita tahu bakat dan kemampuan anak, tinggal kita memberikan rangsangan atau istilahnya terus dikembangkan, sehingga bakat anak bisa dikembangkan sesuai dengan kemampuan dan bakatnya. Bahkan kalau kita bisa terus mengembangkannya, tentunya akan sangat berguna untuk anak di kemudian hari dan bahkan bisa juga mengubah kehidupan sang anak. Jadi disini kita lebih melihat potensi dari anak-anak kita dibanding kita yang ingin memaksakan kehendak kita untuk apa nantinya.
Dalam buku tersebut diungkapkan bahwa “kehidupan anak-anak ibarat sebuah perjalanan dengan banyak sekali persimpangan dan rintangan.” Inilah contoh dari pola pengasuhan seperti orang-orang pada umumnya dan dalam pikiran kita tidak pernah terlintas bagaimana menciptakan terobosan untuk anak-anak kita. Bahkan tidak pernah mengaitkan terobosan-terobosan itu dalam pola pengasuhan anak. Akhirnya banyaknya persimpangan dan rintangan itu membuat perjalanan itu menjadi semakin panjang dan lama untuk mencapai pada suatu tujuan. Hal ini disebabkan karena orang tua tidak membantu memberikan terobosan yang membuat anak melangkah ke depan menjadi lebih mudah.
Namun bagi orang lain perjalanan itu mungkin akan lebih mudah. Karena sejak dini mereka tahu jalan mana yang harus ditempuh, makanya hambatan dalam kehidupannya tidak begitu mengganggu karena dia mempunyai pengharapan akan sesuatu. Inilah contoh bagaimana peran dari orang tua dalam mendidik anak-anaknya dengan melakukan terobosan-terobosan yang diterapkan dalam pola pengasuhan dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.yang lebih banyak kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Apa yang membedakan kelompok kedua berbeda dengan yang pertama? Itu tidak lain karena terobsan. Manakala anak-anak sudah mempunyai terobosan, mereka sanggup bergerak lebih jauh menelusuri jalan yang memungkinkan mereka meraih potensi yang mereka miliki. Ada kalanya terobosan itu membuat anak-anak bisa memilih yang terbaik di antara dua jalan yang bercabang. Disaat-saat lain, terobosan membuat mereka sanggup mengatasi rintangan yang besar sekalipun dengan relatif mudah dan ini meningkatkan energi mereka dan memacu langkah mereka sepanjang perjalanan itu.
Makanya orang tua harus memimpin terobosan, sedangkan anak-anak bisa mengikuti di belakangnya. Karena pada dasarnya anak-anak jarang melakukan terobosan dengan sendirinya. Tanpa orang tua mendampingi, hanya segelintir diantara anak-anak yang bisa dengan cepat menemukan bakat dan potensi yang terpendamnya. Oleh karena itu, anak-anak tetap membutuhkan orang tua untuk membantu menemukan potensi dirinya. Memang untuk menolong anak-anak kita untuk menemukan terobosan, orang tua harus mengalaminya sendiri terlebih dahulu. Bagaimana kita memberikan sesuatu apa yang tidak kita miliki?.
Untuk itu kita harus membuat terobosan dalam pengasuhan. Kita perlu mengenali kemampuan kita untuk menciptakan terobosan-terobosan yang mengubah kehidupan anak-anak kita. Sehingga bisa membantu anak-anak mengatasi rintangan-rintangan yang terjadi. Tentu dengan semangat yang tinggi, maka kekuatan yang dihasilkan akan memperbesar peluang bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensinya. Hal ini tidak menjadi masalah apakah anak kita masih usia prasekolah atau sudah duduk di sekolah menengah, mereka tetap bisa memanfaatkan dorongan semangat yang disertai bantuan kita dalam mengatasi rintangan.
Inilah penghalang untuk melakukan terobosan menurut John C. Maxwell dalam buku tersebut antara lain:
1. Tidak mencoba menciptakan terobosan melainkan mengikuti pola pengasuhan lama.