Mohon tunggu...
Rokhmah Nurhayati Suryaningsih
Rokhmah Nurhayati Suryaningsih Mohon Tunggu... Administrasi - Keep learning and never give up

pembelajar sejati

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Manfaat Lemon bagi Kesehatan

2 Januari 2018   05:25 Diperbarui: 3 Januari 2018   04:27 739
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Lemon (doc: Getty Images; dailymail.co.uk)

Membaca Time Line Nutrisi Untuk Bangsa (NUB) di Facebook (FB) tentang Manfaat Lemon bagi Kesehatan di FB, membuat saya tambah yakin apa yang saya lakukan tidak berbahaya atau merugikan tubuh. Pasalnya, saya sudah melakukannya lebih dari 2 tahun. Hingga sekarang saya masih juga minum air perasan lemon. Bukan hanya air perasannya, bahkan kulitnya pun saya manfaatkan dengan memasukkannya ke dalam gelas. Memang terasa sedikit pahit atau getir karena pengaruh dari kulitnya. Tapi so far saya tidak merasa ada efek samping.

Kelebihannya kalau saya kena flu dan batuk, cepat sekali pulihnya. Lebih-lebih saya berusaha jangan sampai sakitnya tambah parah. Jadi kalau gejala flu mulai datang, saya buru-buru beli lemon atau jeruk nipis sebagai senjata saya. Terus saya imbangi dengan makan yang panas-panas, seperti sup dan gulai. Tujuannya, biar keringatnya keluar. Entahlah saya lebih suka mencoba pengobatan secara alami lebih dahulu sebelum saya harus pergi ke dokter. Tentunya dengan ditambah istirahat yang banyak.  Itu langkah awal yang saya lakukan sebelum pergi ke dokter. Alhamdulillah usaha preventive saya cukup berhasil.

Pengalaman lainnya dengan lemon terjadi pada anak saya. Sewaktu kami tinggal di Amerika, anak saya waktu kecilnya sering batuk dan pilek untuk jangka waktu yang cukup lama. Saya bolak balik bawa dia ke dokter, dikasih obatnya ibu profen. Padahal saya sedia juga ibu profen di rumah. Tapi tidak ada pengaruhnya. Kata dokternya ini karena pergantian cuaca atau alergi. Cuaca sudah panas, pilek dan batuknya tidak juga hilang. Saya sendiri sampai bingung kenapa ini anak, flu dan batuk setia sekali, pinginnya nempel terus. Untungnya tidak sampai menular ke saya dan bapaknya. 

Akhirnya saya coba mencari informasi di internet bagaimana mengatasi flu dan batuk ini. Ternyata hanya lemon dan madu yang diberikan tiap hari. Saya campurkan lemon ke dalam teh yang masih panas, terus ditambah dengan madu biar sedikit manis. Jadilah lemon tea. Alhamdulillah tidak butuh waktu lama, batuk dan flu nya  hilang. Saya mbatin, lha kalau tahu dari dulu, saya tidak perlu bolak balik bawa anak pergi ke dokter. Sejak itu saya merasakan manfaat yang luar biasa dengan pemakaian lemon untuk menyembuhkan batuk dan pilek. Paling tidak itu sebagai pertolongan pertama. Kadang ditambah dengan obat sekedarnya (ibu profen) apabila dibarengi dengan panas yang tinggi. 

Dengan berjalannya waktu, saya menyadari bahwa manfaat lemon tidak hanya untuk mengobati batuk dan pilek saja. Saya semakin mantap untuk  menyediakan lemon di rumah. Baik itu dibuat minuman hangat tiap hariannya atau dicampur dengan teh, jadilah lemon tea (teh jeruk)    

Berikut manfaat Lemon yang diungkap Nutrisi Untuk Bangsa (NUB) di Time LIne FB, seperti yang dilansir dari BoldSky:

1. Air lemon membantu detoksifikasi tubuh. Meski asam, air lemon bisa menyeimbangkan PH dalam tubuh dan membantu membuang racun dari hati.

2. Air lemon membantu menstimulasi saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi sepanjang hari.

3. Air lemon mengandung serat larut yang membantu menurunkan berat badan. Minuman ini membantu mengurangi kalori dari makanan.

4. Jika perut terasa penuh, mulas, atau kembung, coba minum air lemon hangat yang bisa membantu mengurangi keasaman dalam perut.

5. Lemon mengandung vitamin C yang bisa membantu melawan flu, kaya potasium yang merangsang fungsi saraf dan otak, juga mengandung asam askorbat yang memiliki efek anti inflamasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun