Mohon tunggu...
Nuning Sapta Rahayu
Nuning Sapta Rahayu Mohon Tunggu... Guru - Guru Pendidikan Khusus/Narasumber GPK/Narasumber Praktik Baik IKM

Seorang Guru Pendidikan khusus yang aktif dalam kegiatan literasi, Organisasi Profesi dan berbagai kegiatan terkait Dunia Pendidikan Khusus dan Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Strategi dan Tahapan Mengajarkan Bahasa bagi Anak Autism Berdasarkan Penelitian Para Ahli

24 September 2023   14:35 Diperbarui: 24 September 2023   14:40 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berinteraktif bersama siswa autis

Melalui penelitian dan pengalaman praktisi, para ahli dalam bidang autisme telah mengidentifikasi strategi dan tahapan yang efektif dalam mengajarkan bahasa kepada anak-anak dengan autisme. Hal tersebut dapat membantu anak-anak dengan autisme dalam mengembangkan keterampilan bahasa yang lebih baik, meningkatkan komunikasi, dan memungkinkan mereka berpartisipasi aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Proses ini dapat dimulai sejak dini, ketika diagnosis autisme ditegakkan, dan berlanjut sepanjang masa pertumbuhan anak. Berikut adalah rangkuman langkah-langkahnya:

Evaluasi Awal: Tahap pertama adalah melakukan evaluasi awal untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan bahasa anak dan memahami preferensi komunikasi mereka. Hal ini akan membantu menentukan pendekatan yang paling cocok.

Penggunaan Komunikasi Augmentatif dan Alternatif (AAC): Beberapa anak dengan autisme mengalami hambatan komunikasi verbal. Oleh karena itu, penggunaan alat komunikasi seperti gambar, papan pesan, atau aplikasi khusus dapat membantu anak berkomunikasi dengan lebih efektif.

Pendekatan Berbasis Ketertarikan: Para ahli menekankan pentingnya memanfaatkan ketertarikan alami anak. Ini berarti mengajar bahasa dengan mengaitkannya dengan hal-hal yang menarik bagi anak, seperti hobi atau minat khusus mereka.

Menggunakan Visual: Strategi berbasis visual, seperti menggunakan gambar atau kartu kata, membantu anak dengan autisme memahami dan mengingat kata-kata lebih baik.

Repetisi yang Terstruktur: Mengulang materi secara terstruktur dan konsisten membantu anak mengkonsolidasikan keterampilan bahasa mereka.

Mengintegrasikan Bahasa dalam Aktivitas Sehari-hari: Penting untuk mengintegrasikan pengajaran bahasa dalam aktivitas sehari-hari anak, seperti makan, bermain, dan berinteraksi sosial.

Kerja Sama dengan Terapis: Orangtua dan guru harus bekerja sama dengan terapis yang berpengalaman dalam mendukung perkembangan bahasa anak dengan autisme.

Memberikan Umpan Balik Positif: Memberikan pujian dan umpan balik positif saat anak menggunakan bahasa dengan benar dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun