BARISAN ARITMATIKA
PENDAHULUAN
1. Deskripsi materi
Salam sehat anak-anakku tetap jaga kesehatan dan selalu bersemangat. Perhatikan gambar berikut
Ada seorang anak yang bernama Ali. Dia sangat menyukai bercocok tanam. Di suatu hari Ali mulai menanam pohon dan dirawatnya dengan baik. Setiap hari Ali selalu menyirami dan memberi pupuk kepada tanamannya. Sehingga setiap minggu Ali selalu mengamati tinggi perkembangan dari tanamannya. Pada minggu pertama tanaman tersebut tumbuh dan memiliki tinggi 3 cm. Untuk minggu yang kedua tanaman tersebut bertambah tinggi menjadi 8 cm. Karena tumbuh subur pada minggu ketiga tanaman tersebut bertambah tinggi menjadi 13 cm. Ali berencana memanen tanaman tersebut pada minggu ke 12. Jadi, bisakah kalian menghitung berapa tinggi tanaman tersebut pada minggu ke 12?
Dari pengamatan tersebut jika ditulis, maka akan membentuk suatu barisan bilangan. 3, 8, 13, 18, Barisan bilangan apa yang terbentuk? Berapa suku pertamanya? Berapa bedanya? Bagaimana barisan bilangan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, ayo kita pelajari dan temukan jawaban nya di dalam materi ajar ini. Setelah mempelajari materi ajar ini, diharapkan peserta didik dapat mengidentifikasi barisan bilangan yang merupakan barisan Aritmatika, menentukan suku ke-n dari barisan Aritmatika, dan dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan Aritmatika.
Selamat belajar, semoga dapat memahami materi barisan Aritmatika dengan baik serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Peta Konsep