Di era digital ini, tentunya kita sudah akrab dengan platform e-commerce. E-commerce merupakan tempat tersedianya banyak pilihan barang bagi pembeli. Dalam platform ini pembeli bisa memilih dan membandingkan produk satu dengan yang lain. Ulasan adalah salah satu hal yang diperhatikan konsumen. Saat ini muncul banyak ulasan palsu di e-commerce. Bagaimana cara membedakannya?
Ulasan adalah faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dari produk atau jasa dalam e-commerce. Karena penjualan di e-commerce pembeli tidak bisa menyentuh, mencoba atau melihat produk secara langsung.Â
Ulasan ini berasal dari pengalaman dan tanggapan pembeli lain akan produk atau jasa yang dia beli. Ulasan yang ada ini dipercayai oleh pembeli sebelum ia membeli produk.Â
Data dari Bright Local dalam laporannya Local Consumer Review Survey 2016, menyebutkan bahwa sekitar 84 persen orang mempercayai ulasan dari pelanggan lainnya. Tujuh dari Sepuluh orang akan memberi ulasan jika diminta.
Tapi, terkadang ulasan tidak benar -- benar sesuai kenyataan. Banyak pemilih toko yang membuat ulasan palsu agar produk yang dia jual memiliki nilai positif sehingga mampu meningkatkan penjualan.Â
Hal ini akan merugikan konsumen, karena konsumen akan mengira kualitas produk akan sangat baik padahal belum tentu kualitas produk sesuai dengan ulasan yang ada. Maka pembeli perlu bisa untuk membedakan antara ulasan yang palsu dengan yang asli.
Membedakan ulasan yang palsu dan asli cukup sulit. Karena, kita harus jeli dan jika hanya sekedar membaca sekelas maka tidak terlihat bedanya. Berikut ada beberapa cara untuk membedakan ulasan yang asli dengan ulasan yang palsu :
1. Review menggunakan kata - kata berlebihan
Ulasan palsu biasanya menggunakan kata-kata yang tidak realistis dan berlebihan. Seperti, "produk yang saya beli adalah produk paling sempurna di dunia" atau "layanan ini sangat fantastis dan tidak ada kurangnya sedikitpun". Ulasan asli biasanya lebih objektif dan memberikan detail spesifik produk atau layanan.
2. Â Menyebutkan nama produk secara lengkap dan berulang