Mohon tunggu...
Agustian Deny Ardiansyah
Agustian Deny Ardiansyah Mohon Tunggu... Guru - Guru yang tinggal di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Setiap tulisan yang saya tulis dan memiliki nilai manfaat pada blog kompasiana ini, pahalanya saya berikan kepada Alm. Ayah saya (Bapak Salamun)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Agar Data Kita Aman, Jauhi 5 Prilaku Ini!

6 Juli 2024   07:05 Diperbarui: 6 Juli 2024   07:37 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Menjaga Data (Sumber: (Dok. Shutterstock/Tero Vesalainen via Kompas.com)

Diera digital seperti saat ini data adalah sesuatu yang bisa dikatakan sebagai barang berharga sehingga perlu kita jaga keamanannya.

Bayangkan ketika data yang kita miliki jatuh ketangan orang yang tidak bertanggungjawab dan disalahgunakan untuk tidak penipuan atau lainnya.

Pastinya hal itu akan membuat diri kita menjadi tidak nyaman bahkan bisa menimbulkan kerugian karena data kita digunakan secara tidak benar oleh orang lain.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga keamanan data yang kita miliki sehingga kita terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan diri kita baik secara personal, sosial, ekonomi dan mental.

Dari beberapa pengalaman yang saya alami, berikut beberapa prilaku yang harus kita hindari agar data kita aman dan tidak disalahgunakan oleh orang lain.

1. Jangan Sembarangan Tancap Flashdisk Ke Perangkat Kita 

Saya masih ingat ketika data penting saya di laptop harus saya relakan hilang hanya gara-gara sembarangan menancapkan flashdisk.

Awalnya saya tidak curiga dengan seorang kawan yang menyodorkan flashdisknya untuk mengambil data terkait akreditasi sekolah ke laptop saya.

Namun setelah flashdisk tersebut saya cabut dari laptop, seketika itu juga saya tidak bisa mengakses data yang saya simpan di drive.

Bahkan ketika laptop itu saya antar ke tempat servis, data-data yang telah hilang tersebut tidak bisa dipulihkan dan akhirnya saya harus merelakan data-data penting yang saya miliki tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun