Mohon tunggu...
Agustian Deny Ardiansyah
Agustian Deny Ardiansyah Mohon Tunggu... Guru - Guru yang tinggal di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Setiap tulisan yang saya tulis dan memiliki nilai manfaat pada blog kompasiana ini, pahalanya saya berikan kepada Alm. Ayah saya (Bapak Salamun)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menggunakan Peta Buta pada Pembelajaran IPS, Klasik namun Efektif!

12 September 2023   22:46 Diperbarui: 12 September 2023   23:15 1972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Peta Buta. (Sumber: NatanaelGinting via Kompas.com)

Setelah pada pembelajaran IPS kemarin belajar tentang sejarah berdirinya ASEAN, hari ini siswa-siswi kelas VIIIB belajar tentang materi letak ASEAN.

Pada materi tersebut, siswa diharapkan mampu memahami letak negara-negara anggota serta letak geografis ASEAN.

Oleh karena itu dalam pembelajaran tersebut saya merencanakan pembelajaran dengan menggunakan peta buta ASEAN.

Hal itu saya lakukan dengan meminta siswa untuk mengidentifikasi nama-nama negara anggota ASEAN serta letak geografis ASEAN.

Sekilas Tentang Materi Letak geografis ASEAN

Letak geografis ASEAN adalah materi yang membahas tentang posisi ASEAN terhadap daerah atau wilayah lain yang ada disekitarnya.

Pendahuluan

Pada awalnya untuk mengorganisisr pembelajaran yang akan saya lakukan, saya mengondisikan sisiwa dengan berdoa yang dilanjutkan mengulas materi sebelumnya, yaitu tentang sejarah ASEAN.

Kegiatan tersebut saya lakukan dengan menyanyikan lagu "delegasi pendiri ASEAN" setelah kelas mulai terkondisikian saya meminta siswa untuk membaca materi pada buku terkait letak geografis ASEAN.

Selama kurang lebih 3-4 menit siswa membaca materi tersebut saya telah menyiapkan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait materi yang dibaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun