Mohon tunggu...
Agustian Deny Ardiansyah
Agustian Deny Ardiansyah Mohon Tunggu... Guru - Guru yang tinggal di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Setiap tulisan yang saya tulis dan memiliki nilai manfaat pada blog kompasiana ini, pahalanya saya berikan kepada Alm. Ayah saya (Bapak Salamun)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Memantik Daya Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Membuat Video Pembelajaran

9 September 2023   07:56 Diperbarui: 9 September 2023   11:47 844
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Membuat Video Menggunakan HP. (Sumber: https://www.unbox.id/)

 

Pada pembelajaran IPS kelas IX khususnya materi kondisi alam negara-negara di dunia, saya kurang memahami cara untuk menyampaikannya kepada siswa.

Hal itu karena materi yang cukup banyak serta pemilihan negara yang memiliki kondisi alam yang sangat berbeda dengan Indonesia, seperti Inggris, Amerika Serikat, Mesir, Jepang dan Australia.

Negara-negara tersebut selain memiliki kondisi alam yang jauh berbeda dengan Indonesia, dalam mengajarkannya pun seorang guru  juga dituntut untuk memiliki wawasan tentang negara-negara tersebut.

Namun kenyataannya hal itu tidak mudah dilakukan, ketika siswa mengidentifikasi kondisi alam negara-negara yang harus dipelajari, siswa tidak memiliki pengalaman bermakna dalam proses pembelajarannya.

Hal itu terlihat ketika siswa hanya menyalin apa yang ada di buku paket ke dalam LKPD yang saya berikan, sehingga setelah proses pembelajaran berlangsung siswa tidak benar-benar memahami kondisi alam negara-negara yang mereka pelajari.

Melihat hal tersebut, saya sebagai guru berinisiasi untuk memberikan pengalaman belajar bagi siswa dengan memantik siswa membuat video pembelajaran terkait kondisi alam Negara-negara di dunia.

Pendahuluan

Hal itu saya lakukan dengan terlebih dahulu memberikan contoh kepada siswa terkait video pembelajaran yang saya buat dengan menggunakan aplikasi filmora (link video). 

Setelah siswa memahami bentuk dan kreteria video pembelajaran yang akan mereka buat, saya menanyakan kepada siswa tentang aplikasi pembuat video yang biasa siswa gunakan untuk membuat video.

Secara sepontan siswa menjawab ada yang menggunakan aplikasi Cap Cut dan Movie Maker karena bisa dioprasikan melalui HP android yang siswa miliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun