AKMI_Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia merupakan penilaian kompetensi dasar terhadap seluruh siswa madrasah baik itu jenjang MI, MTs maupun MA. AKMI ini bisa juga digunakan sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yang disingkat dengan AKMI adalah sebuah asesmen yang dilakukan untuk siswa madrasah sebagai salah satu metode penilaian yang komprehensif dalam mendiagnosis kelemahan dan kelebihan siswa terutama pada 4 literasi yaitu pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya, termasuk juga survei karakter.
Hasil dari asesmen dapat digunakan oleh pihak madrasah dan guru untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.
AKMI merupakan program yang berasal dari pemerintah pusat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam. AKMI bisa juga digunakan sebagai bentuk evaluasi baru di bidang Pendidikan untuk memetakan mutu system Pendidikan yang dapat dilihat pada pencapaian peserta didik dalam 4 literasi.
Literasi Numerasi
Literasi Numerasi merupakan sebuah literasi yang mengaplikasikan konsep operasi hitung dan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari
Literasi Membaca
Literasi Membaca adalah sebuah literasi tentang kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi serta merefleksikan berbagai jenis teks dalam menyelesaikan masalah, mampu mengembangkan kapasitas individu agar dapat memberikan kontribusi produktif di masyarakat
Literasi Sains