Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kebiasaan yang Menghambat Pekerjaan dan Cara Mengatasinya

9 September 2024   00:17 Diperbarui: 9 September 2024   00:23 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: pexels.com

Orang harus bekerja untuk mendapatkan gaji atau upah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dalam bekerja tersebut tentu kita semua berharap bisa bekerja dengan baik sehingga bisa mendapatkan balas jasa yang memadai.

Namun sering ada beberapa kebiasaan yang kelihatannya sepele tetapi bisa menghambat kita dalam bekerja sehingga hasil pekerjaan kita tidak maksimal yang pada akhirnya juga upah atau gaji yang kita terima tidak mencukupi pula. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa menghambat kita bekerja dengan baik serta solusi untuk mengatasinya.

Pertama, terlalu perfeksionis. Seseorang yang terlalu perfeksionis atau ingin hail pekerjannya sempurna justru membuat ia tak bisa mengerjakan pkerjaannya dengan cepat karena selalu takur apa yang dia kerjakan dengan cepat hasilnya tidak baik. Untuk mengatasi hal ini cobalah kita untuk beroegang pada prinsip tak ada manusia yang sempurna yang bisa mengerjakan pekerjaan 100 persen sempurna. Kerjakan segala sesuatu dengan wajar dan bila ada kekurangan, maklumlah terhadap hal itu karena ke deoannya bisa diperbaiki.

Kedua, selalu membandingkan diri dengan orang lain. Selalu membandingkan diri dengan orang lain juga tidak baik karena akan menimbulkan rasa tidak percaya diri, cemas, ataupun bisa pula iri. Hal-hal tersebut akan menganggu dalam menjalankan pekerjaan. Jangan terlalu membandingkan diri dengan orang lain. Tiap orang punya kelebihan sekaligus kekurangannya sendiri.

Ketiga, mengabaikan perasaan negatif. Seringkali ada nasehat umum yang mengatakan bahwa kita harus selalu berpikir positif dan mengabaikan perasaan-perasaan negatif. Tapi memendam perasaan negatif ke alam bawah sadar justu menurut para psikolog justru akan berdampak negatif karena suatu saat akan muncul di alam sadar dalam bntuk penyakit atau gangguan mental yang justu bisa menganggu pekerjaan. Cara yang baik adalah menghadapi perasaan negatif tersebut secara benar misal dengan berbagi atau bercerita dengan teman atau kalau perlu ke psikolog.

Keempat, kebiasaan menunda pekerjaan. Kebiasaan buruk lain yang menganggu pekerjaan adalah suka menunda pekerjaan. Banayak orang sukaa menunda pekerjaan sehingga tanpa sadar pekerjaan menumpuk dan tak terselesaikan dengan baik. Untuk mengatasi hal ini maka selesaikan pekerjaan sesuai dengan prioritas atau urutannya dan jangan menunda-nuda pekerjaan.

Kelima, terlalu banyak bermain media sosial ketika sedang bekerja. Banyak orang senang bermain media sosial ketika sedang bekerja sehingga tanpa sadar banyak waktu terbuang adn pekerjaan utama kita tidak selesai. Untuk itu biasakanlah untuk menggunakan media sosial ketika waktu istirahat atau ketika sedang di rumah ketika tidak sedang bekerja.

Demikian kebiasaan yang bisa menghambat pekerjaan dan solusinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun