rekan kerja yang tidak mengerjakan pekerjaannya secara baik. Akibat hal tersebut maka pkerjaan kita yang terkait juga terkena imbasnya menjadi kurang baik juga.
Dalam pekerjaan sering kita menjumpaiNamun menegur rekan kerja kita tersebut sering menjadi masalah jika kita menegurnya secara tidak tepat. Salah satunya adalah kita kelihatan Bossy atau seperti bos dia. Ada beberapa tips agar kita bisa menegur rekan kerja kita secara baik.
Pertama, gunakan kata-kata dan kalimat yang baik. Kalimat yang baik tersebut misal dengan cara memuji dia di pekerjaan yang lain. Contohnya:"Pekerjaanmu di pekerjaan X sangat baik, namun di pekerjaaan Y ini ada sesuatu yang menurut saya kurang tepat. Bisakah kita mendiskusikannya?"
Kedua, gunakan gerakan atau bahasa tubuh yang baik. Hindari bahasa atau gerakan tubuh yang kurang baik, contohnya: bertolak pinggang, mata melotot, mendongakkan kepala, dan lain gerakan atau bahasa tubuh yang kurang baik.
Ketiga, menawarkan bantuan untuk memperbaik pekerjaan rekan kerja tersebut. Jika bisa justru kita bisa menawarkan rekan kerja yang pekerjaannya kurang baik untuk memperbaiki pekerjaannya. Hal tersebut akan membantu memberikan kesan positif terhadap kita.
Keempat, hendaknya teguran tersebut dilakukan secara tertutup maksudnya empat mata saja. Sebab menegur rekan kerja di hadapan rekan kerja yang lain akan memberi kesan merendahkannya di mata banyak orang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H