bekerja sering kita harus bekerja secara tim. Artinya suatu pekerjaan tidak bisa kita selesaikan sendiri tetapi harus kita selesaikan dengan orang lain yaitu teman kerja kita dalam sebuah tim. Ini memang sesuatu yang tidak mudah. Namun ada beberapa tips agar kita bisa bekerjasama dalam tim dalam suatu pekerjaan.
DalamPertama, kita dan juga anggota tim harus menekan ego atau keinginan untuk menang sendiri. Perlu diingat hasil kerja tim yang lebih penting bukan mau menangnya sendiri.
Kedua, sali ng menghargai satu sama lain. Tiap anggota tim memiliki keahlian dan ketrampilan masing-masing yang sangat berguna untuk penyelesaian pekerjaan.Â
Oleh karena itu kita dan anggota tim yang lain harus saling menghormati dan menghargai. Jangan saling merendahkan dan menganggap yang satu lebih pandai dibanding yang lain.
Ketiga, saling berkomunikasi dengan baik satu sama lain. Jika ada masalah maka bisa dikomunikasikan dengan baik sehingga akan ditemukan solusi terbaik.Â
Berkomunikasi juga dalam hal informasi. Jika kita mendapatkan atau mempunyai informasi yang penting untuk penyelesaian tugas maka informasi itu bisa dibagi kepada yang lain dalam satu tim.
Keempat, adakan pembagian tugas sesuai dengan keahlian dan kewenangan masing-masing. Hal ini akan mempercepat penyelesaian pekerjaan.Â
Jangan ada yang ingin menyelesaikan pekerjaan sendirian karena hal itu akan menabrak bidang pekerjaan orang lain yang bisa menimbulkan konflik di tim kerja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H