Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Money

Tips Sederhana Bengkel Sepeda Motor yang Memuaskan Pelanggannya

4 Maret 2022   01:03 Diperbarui: 4 Maret 2022   01:09 626
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat ini bengkel  sepeda motor banyak bertebaran bahkan sampai di kampung-kampung. Persaingan menjadi sangat ketat. Tentu dibutuhkan kiat-kiat agar bisa menghadapi persaingan tersebut. Berikut ada contoh-contoh sederhana bagaimana bengkel  sepeda motor bisa mememangkan persaingan dengan hal-hal yang sederhana. Ini saya peroleh dari pengamatan dari beberapa bengkel sepeda motor di berbagai lokasi yang menawarkan hal-hal sederhana tetapi berhasil menarik pelanggannya.

Pertama, ada bengkel yang melayani servis rutin dan perbaikan tetapi ditambah dengan layanan cuci secara gratis. Ini hal jitu yang dilakukan karena sering pemilik sepeda motor tidak sempat untuk mencuci sepeda motornya. Dengan sedikit tambahan peralatan dan tenaga untuk mencuci maka pelanggan sangat puas dan tertarik untuk menservis motornya di situ. Bahkan mungkin jika untuk cuci yang benar-benar profesional dilakukan ditarik tambahan biaya, saya kira pelanggan juga tidak akan keberatan.

Kedua, ada bengkel yang bersedia mengambil sepeda motor yang rusak atau servis rutin. Tentu ini juga sangat membantu karena sering kalau sepeda motor mogok di rumah atau ingin servis rutin tetapi pemiliknya malas menghantarnya maka dengan dijemput pelanggan akan lebih senang.

Ketiga, ada bengkel yang menawarkan untuk memakai sepeda motor pinjaman miliknya selama sepeda motor seseorang diservis. Tentu ini butuh sedikit tambahan biaya untuk menyediakan beberapa sepeda motor yang dipinjamkan kepada pelanggan yang terpaksa sepeda motornya harus lama di bengkel padahal ia sangat membutuhkan sepeda motor itu.

Keempat, ada beberapa bengkel yang mengingatkan lewat WA dan SMS untuk tanggal servis rutin bagi pelanggan yang pernah melakuan servis di bengkelnya. Ini tentu juga sangat membantu pemilik sepeda motor untuk mengingat tanggal servis rutin sepeda motornya hingga tidak terlambat melakukannya.

Demikianlah sekedar contoh hal-hal sederhana yang dilakukan pemilik bengkel sepeda motor yang mungkin bisa dicontoh bengkel-bengkel yang belum melakukannya. Ingat tak harus melakukan hal-hal yang luar biasa untuk menarik pelanggan dalam sebuah bisnis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun