Mohon tunggu...
NUGRAHENI AMBAR SETIARNI
NUGRAHENI AMBAR SETIARNI Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA

HOBI memasak tetapi kalau memasak sering tidak enak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Akhir Pembelajaran PPL

1 Agustus 2023   09:14 Diperbarui: 1 Agustus 2023   09:36 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Refleksi model 4f (facts, feeling, findings, dan future)

1. Facts (Peristiwa)

Rangkaian kegiatan PPG Dalam Jabatan Kategori 1 tahun 2023 LPTK Universitas Pancasakti Tegal, berjalan dengan baik dan lancar di mulai dari pertengahan bulan Mei sampai Agustus. Untuk kegiatan sinkronus terakhir dilaksanakan pada hari kamis pukul 18.15 malam. Sinkronus disepertiga maghrib pertama yang saya dan teman-teman laksanakan. Sebelum itu saya juga sudah melaksanakan praktik pembelajaran di SMA Negeri 1 Karangrayung. Kegiatan PPL 1 saya laksanakan pada hari Rabu, 21 Juni 2023 dengan anak-anak kelas XI-7 materi yang saya pilih yaitu tentang menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam teks argumentasi. Kegiatan PPL 2 saya laksanakan pada hari Rabu juga tanggal 12 Juli 2023 dengan siswa yang sama yaitu kelas XI-7 dengan materi menulis teks argumentasi sesuai dengan bakat dan minat masing-masing siswa.

2. Feeling (Perasaan)

Perasaan saya dalam mengikuti perkuliahan banyak sukanya daripada dukanya. Sukanya bertemu dengan teman-teman baru dan sefrekuensi karena semua mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. selain itu, juga bertemu dosen dan guru pamong yang baik, ganteng, cantik, dan ramah banget. Dukanya kalau kehabisan kuota internet dan mati listrik. karena jika sudah mati listrik sinyal hp pun ikut hilang. Selain itu, dalam pelaksanaan praktik pembelajaran 1 dan 2 perasaan yang saya rasakan juga bebeda. Saya lebih tenang dan nyaman dengan praktik mengajar yang pertama, karena waktu praktik mengajar ke-2 saya merasa gugup dan banyak melakukan kesalahan. hal ini disebabkan karena jumlah siswa yang mengikuti atau yang hadir hanya sedikit. Banyak yang tidak hadir tanpa pemberitahuan telebih dahulu. Kalau saja mereka izin pasti saya bisa mencarikan pengganti dari kelas yang lain. Jumlah siswa 36, yang hadir hanya 23 siswa. Tiga anak sudah izin tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran, yang 10 anak entah tidak tahu di mana keberadaanya. Inilah yang menyebabkan saya kurang percaya diri dengan praktik mengajar saya yang ke-2.

3. Findings (Pembelajaran) 

Banyak pelajaran yang saya ambil setelah melakukan perkuliahan kurang lebih 3 bulan ini. Dari awalnya tidak begitu paham tentang sintak-sintak dalam model pembelajaran, sekarang jadi mengerti dan mengajar itu harus sesuai dengan sintaknya. Selain itu, bisa menambah wawasan tentang materi dalam pelajaran, banyak berdiskusi dengan teman sekelas dan juga bertemu dengan dosen yang super baik dan guru pamong yang sabar dan baik pula. Untuk kegiatan praktik mengajar banyak sekali pelajaran yang saya ambil. mengondisikan siswa yang heterogen itu tidaklah mudah. Sekolah saya merupakan salah satu sekolah negeri di Kabupaten Grobogan. Terletak di Kecamatan Karangrayung yang termasuk wilayah kecamatan paling selatan perbatasan dengan Kabupaten Boyolali. Pelaksanaan praktik mengajar yang pertama saya memilih masalah menentukan ide pokok dalam teks argumentasi dengan media irama lagu dan model pembelajaran problem based learning. Maksud penggunaan media irama lagu adalah mengubah lirik lagu yang ditentukan dengan lirik materi tentang menentukan ide pokok dalam teks argumentasi. Dari sini saya juga belajar bagaimana cara menyampaikan materi dengan menggunakan irama lagu. Untuk kegiatan praktik mengajar kedua, saya mengambil masalah tentang menulis teks argumentasi dengan model project based learning denngan media gambar. Tema yang dipilih adalah tentang sumber makanan pokok selain nasi, di antaranya ada singkong, sagu, ubi, kentang, ganyong, gembili, talas, dan sukun.

4.   Future (Penerapan)

Penerapan ke depan, saya berusaha untuk konsisten dalam memberikan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, saya akan berusaha memanfaatkan media berbasis IT dalam pembelajaran agar peserta didik lebih semangat untuk belajar. Selain itu, penerapan media irama lagu juga mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan karena belajar sambil bernyanyi.

Pembelajaran menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam teks argumentasi dengan media irama lagu

ide pokok ( dari lagu Klebus)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun