Komitmen, adalah sebuah kata yang ajaib. pun ini pula tentunya yang bisa membedakan kinerja seseorang dengan orang lainnya. Komitmen berarti: "Menjaga setiap tanggung jawab dengan semangat yang kuat dilandasi keikhlasan untuk mencapai apa yang telah ditargetkan baik itu setelah diucapkan, dituliskan, ataupun ditandatangani dalam kontrak kerja"
Komitmen dari Sisi Pemasaran
Komitmen memang hal yang harus diutamakan. baik itu dalam proses pemasaran untuk menjual produk yang dihasilkan kepada konsumen ataupun menjaga hubungan dengan relasi yang berhubungan dengan proses pembuatan produk. Komitmen ini pula lah yang akan menghantarkan pemasar sehingga mendorong dalam penciptaan loyalitas dari semua aspek relasi baik itu konsumen maupun stakeholder perusahaan.
Komitmen untuk melayani
Pemasar dalam sebuah perusahaan yang baik, tak henti-hentinya melayani konsumen dalam koridor visi perusahaan untuk menumbuhkan loyalitas. Jadi kalo ada perusahaan yang cuek (tidak berkomitmen untuk melayani), tidak bersahabat dalam pemasaran produk. maka berhati-hatilah, karena konsumen anda akan lari dari perusahaan anda, dan mencari perusahaan lain yang lebih memiliki komitmen.
"Mulailah berkomitmen untuk selalu menjaga loyalitas konsumen yang menghantarkan ke visi perusahaan. dengan begitu, keberhasilan jangka panjang perusahaan akan berhasil terciptakan. Jangan sampai pemasaran terganggu akibat kurang menjaga komitmen sebagai seorang pemasar, yang seringnya malah melihat keuntungan jangka pendek yang itu jelas-jelas akan menjatuhkan."
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H