Mohon tunggu...
Novita Putri
Novita Putri Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Seorang ibu dan juga seorang pengajar yang berusaha untuk memberikan kemanfaatan sebanyak banyaknya untuk umat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan Akun QRIS untuk Peningkatan Penjualan Pedagang UMKM

15 September 2024   17:40 Diperbarui: 15 September 2024   17:42 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pembuatan Akun QRIS untuk Peningkatan Penjualan Pedagang UMKM di Desa Wukirsari, Bantul Oleh Mahasiswa KKN UNISA YOGYAKARTA

Sebuah UMKM perlu adanya identitas khusus agar mempunyai nilai tersendiri dan memberikan daya ingat kepada konsumen sehingga dapat mengoptimalkan penjualan. Selain identitas, UMKM sekarang juga harus adaptif terhadap perkembangan teknologi salah satunya yaitu teknologi pembayaran digital QRIS untuk meningkatkan pelayanan khususnya dalam pembayaran agar konsumen dapat membayar transaksi dengan mudah menggunakan QRIS. Hal tersebut tentunya juga merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan penjualan UMKM. Dengan mempunyai identitas usaha dan fasilitas pembayaran digital QRIS, diharapkan UMKM mampu mengoptimalkan pelayan dan tingkat penjualannya.

Salah satu program kerja mahasiswa KKN kelompok 79 UNISA Yogyakarta adalah dengan membuatkan identitas Usaha dan pembuatan akun QRIS sebagai alat pembayaran digital. Salah satu pelaku UMKM di Desa Wukirsari adalah Bapak Mustofa. Bapak ini menjual Es Teh Jumbo dan Bakso Tusuk tanpa menggunakan identitas produk yang jelas, hanya menggunakan kertas bertuliskan Sedia Bakso Tusuk. Mahasiswa KKN UNISA  memberikan spanduk untuk identitas usaha dan membuatkan QRIS untuk pembayaran digital yang diharapkan mampu menarik minat pembeli dengan spanduk identitas usaha dan meningkatkan pelayanan pembayaran dengan QRIS sehingga memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran digital.

Selain memberikan spanduk identitas dan membuatkan QRIS mahasiswa KKN juga memberikan edukasi kepada Bapak Mustofa terkait pentingnya identitas usaha dan berbagai manfaat, tata cara pembuatan, dan pengelolaan QRIS dengan aplikasi Gopay Merchant. Pengelolaan akun Gopay Merchant QRIS ini terkait dengan tata cara transaksi seperti menerima dana masuk, pencairan ke ATM pibadi, dan berbagai promo cash back untuk menunjang pemasaran penjualan melalui pembayaran dengan QRIS sesuai ketentuan yang tertera pada aplikasi Gopay Merchant. Respon yang positif dari Bapak Mustofa selaku pemilik UMKM dengan sudah mulai mengerti tentang pentingnya identitas usaha dan manfaat penggunaan QRIS untuk usaha yang sebenarnya mudah untuk dilakukan namun belum banyak dilakukan di UMKM di dusun Manggung, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Dengan adanya program ini diharapkan mampu membantu mengoptimalkan penjualan, pelayanan, dan pengelolaan UMKM Es Teh Jumbo dan Bakso Tusuk Bapak Mustofa untuk menunjang pertumbuhan UMKM ini pada masa mendatang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun