Sukoharjo (14/08/2023) - Semangat kebersamaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Juron semakin berkobar. Pada tanggal 12 Agustus 2023, Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Diponegoro (Undip) Tim 2 bekerja sama dengan kader UMKM setempat menggelar sebuah acara yang menggabungkan pengkaderan tentang pentingnya brand awareness, manfaat e-commerce, dan pemanfaatan Google Bisnisku, serta pementasan bazar UMKM yang menghidupkan semangat pengenalan dan pemasaran produk UMKM.
Di tengah semakin pesatnya perkembangan teknologi dan persaingan bisnis, pelaku UMKM di Desa Juron dihadapkan pada tantangan penting. UMKM di Desa Juron masih kurangnya mengetahui cara belajar digital marketing dan masih banyak di antara mereka yang masih memerlukan pemahaman mendalam tentang konsep brand awareness, manfaat e-commerce, serta bagaimana memanfaatkan platform Google Bisnisku secara maksimal. Oleh karena itu, kolaborasi Tim KKN Undip Tim 2 dan kader UMKM Desa Juron menjadi sangat berarti.
Tidak hanya memberikan materi dan penjelasan secara rinci mengenai konsep-konsep tersebut, tetapi acara ini juga menghadirkan sebuah bazar UMKM yang turut menghidupkan semangat dan kreativitas para pelaku UMKM. Bazar UMKM menjadi wadah bagi mereka untuk memamerkan produk-produk unggulan dan meningkatkan brand awareness langsung kepada masyarakat. Pelaku UMKM perlu membangun brand awareness yang kuat untuk produk atau layanan yang diberikan kepada pelanggan demi kesuksesan jangka panjang, dengan semakin banyaknya orang mengetahui produk atau jasa dari pelaku UMKM akan semakin terbentuknya reputasi dari UMKM tersebut.Â
Selain itu, melalui pameran dan penjualan produk di bazar, pelaku UMKM Desa Juron dapat merasakan manfaat langsung dari pemanfaatan e-commerce. Transaksi online dan eksposur melalui platform digital menjadi pengalaman yang berharga bagi mereka dalam mengembangkan bisnis mereka ke arah yang lebih modern. Dengan adanya E-Commerce cakupan dari calon pelanggan tidak hanya dari masyarakat Desa Juron saja, tetapi juga bisa mencakup yang lebih buat agar perkembangan UMKM yang ada di Desa Juron dapat bangkit bersama dan dapat menciptakan produk atau layanan unggul dari masing-masing UMKMÂ
Acara ini berhasil menciptakan suasana yang penuh semangat dan inspirasi. Para peserta KKN Tim 2 dan kader UMKM Desa Juron aktif berdiskusi, bertukar ide, dan berbagi pengalaman. Dari bazar UMKM yang hidup dan meriah, pesan tentang pentingnya brand awareness, manfaat e-commerce, dan pemanfaatan Google Bisnisku tersampaikan dengan jelas.
Dengan semangat kolaboratif ini, UMKM di Desa Juron semakin siap menghadapi tantangan di era digital. Diharapkan bahwa pengkaderan dan bazar UMKM ini dapat menjadi pendorong bagi pengembangan bisnis UMKM, serta meningkatkan daya saing dan kontribusi mereka dalam perekonomian lokal. Desa Juron menunjukkan semangat nyata dalam memajukan UMKM dan membawa perubahan positif dalam komunitas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H