Mohon tunggu...
Novi Kristiadi
Novi Kristiadi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Tren Digital Marketing Indonesia yang Bisa Anda Coba di Tahun 2017!

18 September 2017   15:06 Diperbarui: 18 September 2017   15:09 3565
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maraknya penggunaan internet serta media digital menjadikan pemasaran digital sebagai salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Para marketer di seluruh dunia dituntut untuk memilih satu teknik pemasaran yang berpengaruh pada tahun 2017. Terlebih, saat ini banyak bermunculan bisnis online sehingga digital marketing banyak dipilih sebagai strategi marketing untuk melancarkan bisnisnya.

Di Indonesia sendiri, tren pemasaran digital yang paling berpengaruh dan banyak digunakan oleh pebisnis adalah teknik social media, mobile, dan content marketing. Sampai saat ini, media sosial masih menjadi pilihan utama untuk melancarkan pemasaran secara digital. Penasaran tren digital marketing yang sangat berpengaruh pada tahun 2017? Ini dia ulasannya.

Video Marketing

Konten video telah menjelma menjadi kegemaran netizen secara mendunia, termasuk Indonesia yang notabenenya adalah salah satu pengguna media sosial terbanyak di dunia. Para pengguna cenderung menyukai konten video karena dapat dengan mudah menangkap pesan yang disampaikan oleh suatu brand. Selain itu, video juga bisa dikemas dalam bentuk yang kreatif dan mampu membangkitkan emosional seseorang saat menontonnya.

Sejak pertengahan 2016, semakin banyak brand yang mengandalkan video marketing sebagai strategi komunikasi brand mereka. Berdasarkan penelitian dari The Wall Street Journey, video dan audio adalah dua pasar terbesar yang diminati oleh para netizen.

Aktivasi Digital Berfokus pada Pengalaman Pengguna

Pada tahun 2016, konten foto dan video berhasil merajai dunia digital. Namun, lupakan hal tersebut di tahun 2017. Di tahun ini, sebagian pengguna merassa bosan dengan konten dan aktivasi yang hanya berfokus pada foto atau video. Saat ini, netizen cenderung memilih sesuatu yang memberikan pengalaman lebih.  

Aktivasi digital yang berfokus kepada pengalaman adalah hal yang diinginkan oleh pengguna. Digital activation yang didesain sesuai dengan kebutuhan pengguna akan memberikan pengalaman lain di dunia digital yang pada akhirnya memudahkan mereka untuk mengingat brand milik Anda.

Social Analytics Brand

Pemasaran digital telah menjelma menjadi tren jika dibandingkan dengan marketing tools lainnya. Selain itu, perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membuat digital marketing menjadi salah satu strategi jitu yang bisa diaplikasikan oleh brand. Akan tetapi, kemajuan tersebut juga diiring oleh para pengguna yang semakin mampu beradaptasi dengan teknologi.

Sekarang ini, banyak sekali brand ataupun digital marketing agency yang mengharuskan timnya  melakukan social analytics dari campaign yang dilakukan. Melalui social analytics, segala bentuk interaksi antara brand dan pengguna dapat tercatat serta mudah dievalusi guna meningkatkan positioning.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun