Mohon tunggu...
Novi Kristiadi
Novi Kristiadi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Merambahnya Bisnis E-commerce Saat Ini

22 Agustus 2017   09:00 Diperbarui: 22 Agustus 2017   09:44 3011
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan teknologi (tele)komunikasi dan komputer memicu perubahan kultur sehari-hari. Dalam era yang disebut "information age", media elektronik menjadi andalan masyarakat dalam komunikasi dan bisnis. E-commerce adalah extension dari commerce yang mengandalkan media elektronik.

Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastruktur yang terdiri dari tiga lapis, yaitu infrastruktur sistem distribusi (flow of good), insfrastruktur pembayaran (flow of money), dan infrastruktur sistem informasi (flow of information). Agar sistem rantai suplai terintegrasi maka diperlukannya integrasi enterprise system untuk mendukung supply chain visibility.  

Definisi E-commerce

E-commerce sendiri adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang bertujuan untuk mengambil keuntungan, seperti penjualan, pembelian, pelayanan, informasi, dan perdagangan melalui perantara suatu jaringan komputer, terutama internet.

E-commerce (perdagangan elektronik) adalah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik, seperti internet, TV, www, atau jaringan komputer lain.

Dalam berbagai kasus, perusahaan e-commerce dapat bertahan tidak hanya dengan mengandalkan kekuatan produk saja, tapi manajemen tim yang handal, pengiriman tepat waktu, pelayanan memuaskan, jaringan infrastrukur, dan masih banyak lagi. Ada beberapa faktor yang juga mendukung perkembanngan bisnis e-commerce, antara lain:

  • Menyediakan harga kompetitif
  • Menyediakan informasi barang tau jasa secara lengkap
  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, ramah, dan cepat
  • Mempermudah kegiatan perdagangan, dll.

Memang, saat ini jumlah pemain bisnis e-commerce di Indonesia diperkirakan terus bertumbuh seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang mulai beralih mengembangkan usaha ke ranah digital. Jadi, tidak mengherankan jika saat ini akan sangat mudah bagi Anda untuk menemukan bisnis e-commerce di Indonesia. Selain e-commerce, ada juga jasa e-commerce enabler atau fulfillment untuk membanttu Anda yang ingin menjalankan bisnis online. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun