Mohon tunggu...
Novi Komariyatiningsih
Novi Komariyatiningsih Mohon Tunggu... -

Saya seorang Guru Matematika di Salah Satu Sekolah di Kabupaten Muara Enim

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengenalan Sistem E Training P4TK Matematika

7 September 2013   22:43 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:13 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan salah satu lembaga yang diakui dan merupakan tempat guru-guru mengikuti diklat guna mengembangkan potensi guru. Saat ini P4TK mencoba terobosan baru, yakni kegiatan E Training, yang diantaranya terdiri dari pola 15 hari (60 jam). Kegiatan E Training ini merupakan diklat on line, yang dapat diikuti oleh guru-guru yang telah terlebih dahulu mendaftarkan diri kepada panitia dengan melampirkan berkas pendukung, seta tergabung dalam grup diklat on line. Agar dapt mengikuti diklat online ini, ada sejumpah persyaratan, antara lain komputer harus terhubung dengan internet.

Setelah terhubung dengan internet, peserta dapat melakukan diklat online dengan cara mengakses alamat situs etraining.p4tkmatematika.org terlebih dahulu. Peserta diinformasikan melalui sms, untuk membuka email dan mengikuti tahapan kegiatan diklat on line.

Saat saya menerima kiriman sms tersebut dan membuka email, di sana kami diberi password untuk login agar dapat mengikuti tahapan kegiatan. Berkali-kali saya coba login, tapi terus gagal. Untungnya ada grup diklat online, sehingga setiap ada kesulitan tingggal di tanyakan dalam grup tersebut sampai akhirnya permasalahan menjadi teratasi, senang rasanya saat direspon oleh admin dan teman-teman. Grup itu sarat akan ilmu, saling membantu satu sama lain tercermin di sana.

Setiap hari tugas diberikan, terhambat oleh tugas lain saya yang prioritas juga di sekolah, loading internet yang lama, laptop yang lagi trouble, akhirnya tidak bisa setiap ada tugas diklat langsung saya kerjakan, karena saya harus memahami terlebih dahulu materi yang diberikan, baru bisa mengerjakan tugas. Itu pun dalam pengerjaannya masih terhambat, dikarenakan pengetahuan dan pengalaman saya tentang teknologi masih minus.

Salah satu materi diklat yang diperoleh adalah mengenai geogebra. Saya masih awam dengan geogebra, jadi saat membaca materi yang diberikan, dan mengerjakan latihan yang diberikan, saya memerlukan waktu yang lama, namun akhirnya bisa saya kerjakan, walaupun hasilnya tidak begitu baik, tapi senang rasa di  hati. Menariknya belajar geogebra, kita  dapat berkreasi di sana, menggambar beraneka rupa, selain mengambar bangun yang dipergunakan untuk mencari luas daerah.

Selama hampir separuh jalan, tugas yang diberikan sebaiknya dikurangi. Setiap hari cukup 1 saja. Saya masih awam dengan teknologi, jadinya tugas yang lebih dari 1 cukup membuat pikiran saya terkuras, dan tidur pun tak nyenyak kalau tugas hari itu belum diselesaikan. Seperti yang sekarang saya alami, masih banyak tumpukan tugas diklat yang belum saya selesaikan. tapi saya tetap akan berusaha. Thx 4 p4tkmatematika.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun