Mohon tunggu...
Novica OgidiaBella
Novica OgidiaBella Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

bingung nulis apa

Selanjutnya

Tutup

Money

Optimalisasi Penjualan dan Pemasaran UMKM Tahu Ranjau Bang JO: Bentuk Pengabdian Mahasiswa Untag Surabaya

2 Januari 2022   16:41 Diperbarui: 2 Januari 2022   17:42 1066
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pada senin (7/12/2021) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memulai kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut KKN, pada kegiatan KKN ini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengangkat topik " Indonesia tangguh Indonesia tumbuh " dengan berbagai sub-tema yaitu membangun desa, mengajar di sekolah, proyek kemanusiaan, dan kegiatan wirausaha. Kegiatan KKN ini dilakukan secara mandiri di wilayah domisili masing-masing selama 12 hari, salah satunya Novica Ogidia Bella merupakan mahasiswi dari program studi teknik informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang melakukan kegiatan KKN dengan mengambil tema kegiatan wirausaha yang didampingi oleh Ardy Januantoro S.kom.,M.MT selaku dosen pembimbing lapangan. Novica ogidia bella melaksankan kegiatan KKN di RT/RW 02/02 Dsn.Kandangan, Ds.Carangrejo, Kec.Kesamben, Kab.Jombang, program kegiatan KKN yang dilakukan Novica ogidia bella adalah rebranding produk pada umkm tahu ranjau bang Jo, karena sebelum adanya program kegiatan KKN ini umkm tahu ranjau bang jo hanya menjual tahu ranjau dengan media promosi status WhatsApp sehingga pembelinya hanya sekitar satu desa saja, Dengan adanya kegiatan KKN ini Novica ogidia bella mempunyai inisiatif untuk rebranding produk dengan cara membuatkan logo produk

selain membuat logo, Novica ogidia bella juga melakukan pemasangan banner didepan rumah sebagai media promosi.

pemasangan banner
pemasangan banner

Semakin berkembangnya era digital, berpengaruh juga tehadap sektor wirausaha seperti halnya sekarang semakin banyak wirausaha yang menawarkan usahanya melalui media sosisal. Sama halnya yang dilakukan oleh Novica dalam malaksanakan program KKN sebagai salah satu upaya optimalisasi pemasaran produk tahu ranjau, yaitu membuatkan media sosial yang digunakan untuk pemasaran produk. Selain itu Novica juga turun langsung dalam membantu proses pembuatan tahu ranjau, karena sebelumnya proses pembelian tahu ranjau ini dilakukan sistem pre-order, yakni pemesanan pada h-1 sebelum dilakukan pembuatan tahu ranjau, dengan penerapan sistem pre-order dalam proses penjualan tahu ranjau ini, Novica membuat inovasi baru yaitu varian frozen food, agar konsumen dapat membeli secara langsung tanpa menunggu keesokan harinya. 

proses pembuatan tahu ranjau
proses pembuatan tahu ranjau
tahu ranjau
tahu ranjau

" Dengan adanya rebranding produk, optimalisasi dalam pemasaran serta inovasi produk tahu ranjau ini, saya berharap dapat meningkatkan penjualan tahu ranjau bang jo" - Novica Ogidia Bella

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun