Pada hari Selasa, 19 November 2024, kami para Kompasianer berkesempatan menjadi bagian dari peserta Travelling by KAI ke Cirebon. Yang mana program ini diselenggarakan atas kerjasama KAI dan Kompasiana.
Bersama layanan inovasi kereta terbaru dari Balai Yasa KAI, kami memulai perjalanan ini dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon, lalu singgah di Loko Cafe Cirebon, Alun-alun Kota Cirebon, dan kembali lagi ke Stasiun Cirebon untuk kemudian kembali bersama ke Stasiun Gambir.
Dengan mengangkat tema perjalanan "Safety and Sustainability" KAI tak hanya mengajak para Kompasianer, melainkan turut serta menggandeng beberapa teman dari Media, Tiktok Indonesia, Influencer, dan Komunitas Railfans.
Sebelum memulai perjalanan, acara diawali oleh ramah tamah dari Vice President of Public Relation KAI, Ibu Anne Purba. Kami juga disuguhkan tayangan company profile PT. KAI melalui layar yang telah disediakan. Dan tak lupa, kami menutup sesi ini dengan doa bersama.
Pukul 09.00 WIB kami semua bertolak dari Stasiun Gambir dengan menggunakan rangkaian Kereta Luar Biasa (KLB) menuju Stasiun Cirebon.
Seluruh peserta dibagi dalam beberapa kelompok, dengan tujuan agar kami semua dapat bergiliran untuk menikmati keseruan yang terdapat pada tiga jenis gerbong, yang tersedia dalam rangkaian KLB. Rangkaian kereta tersebut di antaranya adalah rangkaian kereta Ekonomi New Generation, Panoramic, dan Compartment.
1. Ekonomi New Generation
Kereta ini merupakan kereta modifikasi versi Balai Yasa KAI, di mana dalam satu gerbong kereta ini dapat menampung sebanyak 72 penumpang.
Kesan cerah dan nyaman terasa kuat dalam kereta ini, sebab interiornya sengaja dirancang menyerupai kereta eksekutif, yang menampilkan aksen kayu pada setiap jendelanya.
Kursi penumpang yang digunakan dalam kereta ini berjenis captain seat, yang dapat diputar hingga 360 derajat sesuai kebutuhan atau keinginan penumpang.
Meski dibanderol dengan tarif yang lebih terjangkau, namun kereta Ekonomi New Generation ini tetap mengutamakan kenyamanan penumpang selama menempuh perjalanan panjang.
Tentunya, kereta ini dilengkapi dengan stop kontak yang terletak di setiap sisi bagian bawah jendelanya. Sehingga, para penumpang tidak perlu takut akan kehabisan daya pada ponsel.Â
Toilet duduk pada kereta ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas wastafel dan hand dryer. Meski ukuran toiletnya terbilang kecil, namun jangan khawatir sebab toilet ini tetap nyaman digunakan, dan pastinya mengutamakan kebersihan.
Kini telah tersedia beberapa relasi perjalanan untuk kereta Ekonomi New Generation. Calon penumpang dapat mencari informasi lebih banyak perihal relasi perjalanan atau tujuan, serta waktu keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI.
2. Panoramic
Daya tarik dan keunikan pada kereta Panoramic terletak pada sunroof dan kaca jendela yang jauh lebih lebar dari kereta pada umumnya. Hal tersebut dibuat sedemikian rupa agar penumpang dapat menikmati pemandangan selama perjalanan, dengan lebih leluasa dan jelas.
Namun, penumpang tidak perlu takut akan sinar matahari yang menusuk pada perjalanan di siang hari, sebab kereta ini dilengkapi dengan automatic sunroof dan tirai otomatis yang dapat dikendalikan dengan remot.
Tak sebatas interiornya yang memikat, pada kereta Panoramic juga disediakan fasilitas hiburan seperti televisi besar dan wifi gratis.
Pada kereta ini terdapat 38 kursi penumpang, di mana kursi yang digunakan juga dapat diputar hingga 360 derajat.
Untuk memaksimalkan pelayanan kepada penumpang, kereta ini dilengkapi dengan train attendant khusus yang pastinya siap memberikan pelayanan terbaiknya selama perjalanan.
Tak perlu meninggalkan area gerbong jika ingin sekadar menikmati kopi hangat, sebab di kereta ini penumpang bisa mendapatkan kopi, teh ataupun cokelat hangat secara gratis.
Sudah kebayang dong, bagaimana serunya sepanjang perjalanan bisa menikmati pemandangan alam sambil ngopi hangat? Untuk dapat menikmati perjalanan dengan kereta Panoramic, calon penumpang dapat melakukan pemesanan melalui Access by KAI ataupun melalui web kaiwisata.id.
3. Compartment
Untuk saat ini, relasi perjalanan yang tersedia untuk kereta Compartment adalah relasi perjalanan Gambir - Surabaya Gubeng (pp). Dalam satu gerbong atau rangkaian kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing penumpang eksklusif.
Interior kereta bergaya suite class ini, tentu tak perlu diragukan lagi. Hiasan dekorasinya yang terinspirasi dari suku Dayak, semakin memikat dengan nuansa warna cokelat keemasan dan pencahayaan yang temaram.
Tak sekadar menjanjikan perjalanan yang nyaman, kereta ini jelas menawarkan perjalanan dengan berbagai fasilitasnya yang mewah dan memanjakan.
Mulai dari pelayanan yang premium, kursi yang dilengkapi dengan beragam fitur canggih, hingga fasilitas hiburan yang menawan. Bahkan, kereta ini juga sangat cocok digunakan oleh para businessman yang membutuhkan ruang dan waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya selama di perjalanan.
Kursi pada kereta Compartment didukung oleh tombol touch screen yang terdapat di bagian tangan kursi. Melalui tombol tersebut, penumpang dapat mengatur posisi kursi serta memilih beberapa fasilitas lain yang terdapat pada kursi, seperti penghangat kursi dan fitur pijat.
Tersedia sebuah bantal, selimut dan dua buah handuk wajah untuk menambah rasa nyaman selama menikmati perjalanan panjang.
Pada sisi jendela tersedia Train Onboard Infotainment System, yang memuat beragam film, musik, dan kanal televisi nasional. Dilengkapi dengan headset untuk mendukung sistem audionya, serta tak ketinggalan juga akses wifi gratis.
Selama perjalanan, penumpang akan mendapatkan hidangan pembuka, hidangan utama, hingga hidangan penutup. Dan tentunya dapat menikmati secangkir kopi, teh, ataupun juice kapanpun diinginkannya.
Setiap penumpang kereta Compartment akan didampingi oleh tiga petugas khusus yang siap melayani kebutuhan penumpang. Dan demi kenyamanan penumpang, bagasi pun disediakan terpisah. Penumpang diberikan luggage tag khusus agar barang yang dibawa tetap aman dan terorganisir.
Petugas akan membantu untuk mengantarkan barang bawaan penumpang ke bagasi yang tersedia, dan kemudian mengantarkannya kembali kepada penumpang ketika hendak sampai di tujuan.
Toilet pada kereta Compartment berukuran cukup luas. Dengan desain batu granit, toilet ini terkesan elegan dan juga nyaman. Dilengkapi dengan sistem toilet duduk dan wastafel otomatis, toilet ini tak kalahnya memanjakan penumpang.
Sebagai informasi tambahan, layanan premium ini tak hanya dapat dinikmati selama penumpang berada di atas kereta. Melainkan, penumpang kereta Compartment juga mendapat pelayanan khusus sejak tiba di stasiun keberangkatan hingga nantinya tiba di stasiun tujuan.
Bagi calon penumpang yang berminat untuk mencoba sensasi perjalanan mewah ini dapat mengunjungi website resmi PT KAI untuk informasi jadwal keberangkatan dan pemesanan tiketnya.
Dalam kesempatan kali ini, di Stasiun Cirebon kami menikmati sejenak waktu untuk menunggu jam keberangkatan kami kembali ke Jakarta. Hujan yang sendu di kota Cirebon, semakin menambah hangatnya keakraban kami di ruang tunggu yang tersedia di stasiun.
Ruang tunggu Stasiun Cirebon terbilang sangat luas dan nyaman. Tersedia banyak tempat duduk dengan lapisan busa yang empuk, sementara di dekat pintu ruangan terdapat banyak stop kontak yang memungkinkan para calon penumpang untuk mengisi daya ponselnya.
Selain ruang tunggu yang nyaman, di dalam area Stasiun Cirebon kita dapat menemukan beragam pilihan makanan dan minuman dari beberapa kedai yang ada.
Toilet yang bersih tentu tersedia di stasiun ini, yang tak kalah penting terdapat juga sebuah Mushola, Pos Kesehatan dan Ruang Menyusui, serta Dispenser air minum gratis.
Untuk itu sebagai calon penumpang, mari kita dukung selalu gerakan sustainability yang dilakukan oleh PT KAI, dengan cara menggunakan tumbler pribadi untuk menekan angka penggunaan botol minum plastik sekali pakai.
Akhirnya, langit senja telah berganti malam ketika kami semua tiba kembali di Stasiun Gambir. Meski lelah menjalari seluruh tubuh, namun hati tak berhenti mengucap syukur atas perjalanan kali ini.
Begitu banyak cerita dan pelajaran berharga, pengalaman tak terlupakan, yang kami semua dapatkan selama mengikuti program Travelling by KAI ke Cirebon pada satu hari ini.
Terakhir, kami sampaikan terima kasih kepada KAI dan Kompasiana yang telah memberi kesempatan kepada kami, para Kompasianer untuk terlibat dalam program yang luar biasa ini.(*)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H