Mohon tunggu...
Novianty Purnama
Novianty Purnama Mohon Tunggu... Hoteliers - Noviantypi

Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi Program Beasiswa Unggulan Kemendikbud Program Studi Diploma 4 Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berwirausaha di Usia Muda

17 Februari 2023   11:10 Diperbarui: 17 Februari 2023   11:12 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo sahabat kompasiana...
Sudah lama saya tidak bercerita di laman kompasiana ini, alhamdulillah semester 7 ini saya lalui dengan menyusun skripsi mengenai bisnis...
Ohiya sebelumnya, bagi sahabat kompasiana yang belum berkenalan dengan saya, Perkenalkan saya Novianty Purnama Illahi sebagai Penerima Beasiswa Prestasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Program Beasiswa Unggulan dengan Program Studi Management Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.
.
.

Berbeda dengan pembahasan saya sebelumnya mengenai destinasi wisata dan berbagai macam hidangan makanan, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dan 2 teman saya yaitu Syifa dan Juan selama saya menjalankan bisnis sebagai proyek akhir saya di semester 7 ini.

.
.
Sahabat kompasiana, menjadi seorang wirausaha atau memiliki bisnis itu tidak semudah yang kalian pikirkan, selain bertawakal diri kepada Allah SWT, kita juga harus ikhtiar dan memiliki tekad yang benar benar matang dalam menjalankan usaha bisnis entah dari segi apapun.

Wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan.

Tujuan berwirausaha adalah menumbuhkan jiwa yang tangguh, pantang menyerah, memiliki daya saing, kreatif, juga inovatif. Sikap dan watak tersebut tumbuh seiring berjalannya waktu. Karena kewirausahaan bukanlah proses yang singkat, namun panjang dan tak jarang melelahkan.

Dari Pengalaman saya pribadi, banyak sekali hal yang harus saya korbankan pada saat saya menjadi seorang wirausaha, dimulai dari waktu yang biasanya dipakai untuk nongkrong bersama teman teman tidak bisa semudah itu, ide dan pikiran harus inovatif agar dapat menghasilkan produk baru yang dapat menumbuhkan minat para customer, selain itu sebaiknya kita memiliki relasi baik yang kita bangun untuk mensupport bisnis yang akan kita jalankan.

dok. pribadi
dok. pribadi

Di Semester 7 ini saya berjualan brownies bite yang belum banyak orang mengetahuinya menjadikan saya untuk terus berinovasi mengenai makanan apa yang dapat menarik konsumen karena menurut riset saya selama berbisnis, konsumen cenderung lebih ingin mencoba hal hal baru dari hidangan makanan pada umumnya, contohnya saya menjual brownies tetapi dengan penampilan yang berbeda dari umumnya yang sebelumnya dijual dengan berbentuk persegi panjang, saya ubah menjadi bentuk kotak satu suapan untuk memudahkan konsumen mengonsumsinya, dan juga saya menjual dengan cara dihidangkan dengan topping ice cream, berbagai jenis pilihan sauce dan topping yang dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk yang kita jual.

Dari pengalaman ini, saya jadi makin tertarik untuk melanjutkan bisnis saya untuk menjadi seorang entrepreneur, karena selain dapat membantu menciptakan laparangan pekerjaan baru bagi yang berada dilingkungan saya, saya juga mendapatkan berbagai ilmu pengalaman berharga, dan juga relasi yang luas, pun rekam jejak karir saya sebagai mahasiswa dan juga seorang wirausaha dalam waktu yang bersamaan.

Sekian pengalaman saya selama berwirausaha, terimakasih sudah membaca artikel saya, semoga kalian suka dan juga tertarik menjadi seorang wirausaha.
Sampai jumpa di next artikel saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun