Literasi digital merupakan ketertarikan, sikap dan kemampuan individu dalam menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.
Pada umumnya perkembangan teknologi informasi menjadi bagian dari munculnya era teknologi di indonesia, salah satu nya menjadi manfaat dalam kegiatan pendidikan yang dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik.
Pada (26/7/22) mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dalam rangkaian KKN kelompok 64 membantu menggerakan daya minat baca kembali siswa/i tingkat 5 SD Muhammadiyah 3 Bandung dengan memanfaatkan E-Learning.
Mahasiswa UPI KKN ini melakukan pembelajaran di tingkat 5 dengan materi literasi berbasis digital yang memberikan penguatan materi pembelajaran secara kontekstual, audio maupun visual secara menarik dan interaktif dalam media digital.
Memperkenalkan beberapa situs yang dapat digunakan dalam mencari sumber bacaan untuk kegiatan Literasi seperti Ebook Anak, Anak Rajin, Starfall, dan aplikasi Farfaria. Dengan kemajuan teknologi informasi dan internet ini mengakibatkan sumber daya informasi digital untuk membaca sangat melimpah, maka sayang sekali jika kemudahan akses ini tidak digunakan.
Antusias dari peserta didik tingkat 5 ini pun sangat baik dan gembira dalam proses pembelajaran berlangsung. Siswa/i berlomba-lomba untuk mencari sumber buku cerita digital yang akan dibaca dalam kegiatan literasi dengan tema yang dipilih masing-masing.
Selain itu semangat peserta didik dalam kegiatan belajar ini terlihat kembali ketika dilakukan praktik atau melakukan contoh dalam mencari serta membacakan sebuah cerita yang ada di dalam salah satu situs sumber bacaan Cerita Anak seperti dongeng Gagak Yang Ceroboh Ditangkap Gembala Domba, Pak Lebai dan Kepala Kerbau, dan lain-lain.
literasi digital dengan memanfaatkan e-learning ini diharapkan menjadi bekal dan motivasi peserta didik dalam membaca dan memanfaatkan informasi digital atau teknologi dengan baik, “Karena perkembangan teknologi informasi ini diibaratkan seperti dua sisi mata uang yang memberikan efek positif dan negatif kepada masyarakat.” tutur Novianty Megapratiwi Mahasiswa KKN 64 UPI.
Selain itu setelah kegiatan belajar mengajar berlangsung tidak lupa juga kami melakukan ice breaking di akhir pembelajaran agar semangat siswa/i tingkat 5 SD Muhammadiyah 3 ini tetap terjaga semangatnya seperti melakukan beberapa games yang memberikan konsentrasi dan fokus anak.
Dan semoga upaya penguatan dalam literasi digital yang telah dilakukan oleh Mahasiswa UPI KKN kelompok 64 ini menjadi pacuan mengembalikan semangat peserta didik dalam membaca kembali dan motivasi berkelanjutan dalam menggunakan teknologi dengan bijak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H